Connect with us

TechnoBusiness Insights

Pasar Cip IoT Global Tumbuh Signifikan, Ini Sebabnya

Published

on

Pasar cip IoT global diyakini akan tumbuh signifikan menjadi US$38,61 miliar pada 2023.  

California, TechnoBusiness Insights ● Pasar cip IoT (Internet of Things) global pada 2019 diperkirakan bernilai US$9,40 miliar. Nilai pasar itu diproyeksikan tumbuh signifikan menjadi US$38,61 miliar pada 2029.

Baca Juga: Pasar Ponsel Bekas Global Bernilai US$67 Miliar

Dalam laporan berjudul Global IoT Chip Market—Analyst and Forecast 2019-2029, periset pasar BIS Research yang berbasis di Fremont, California, pertumbuhan pasar cip IoT global itu dipengaruhi oleh beberapa hal.

Advertisement

“Meningkatnya adopsi perangkat berbasis IoT dan penurunan biaya sensor IoT merupakan faktor kunci yang mendorong permintaan pasar cip IoT secara keseluruhan,” tulis BIS Research dalam laporan tersebut.

Baca Juga: Ini Gambaran Pasar Ponsel 2023 dan 2025

Integrasi teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) ke dalam perangkat IoT juga turut memengaruhi permintaan pasar cip IoT global.

“Integrasi teknologi digital lainnya seperti blockchain dan AI di berbagai industri termasuk manufaktur, perawatan kesehatan, dan otomotif bakal meningkatkan pasar cip IoT selama periode perkiraan,” ungkap Chief Analyst BIS Research Faisal Ahmad.

Baca Juga: 5 Pemimpin Pasar Printer Format Besar Global 2019

Advertisement

Permintaan pasar cip IoT terbesar berasal dari kawasan Asia Pasifik yang didorong oleh kehadiran hub-hub inovasi teknologi seperti China, Taiwan, Korea Selatan, Jepang, dan Taiwan.

China, dengan total adopsi lebih dari 960 juta perangkat pada 2019 menurut Global System for Mobile Association, menjadi pemimpin pasar cip IoT terbesar global.●

Teks: TechnoBusiness Insights

Data: BIS Research, Januari 2020

Foto: Pixabay

Advertisement

 

Continue Reading
Advertisement