Pasar PC gaming di Asia Pasifik pada kuartal 4/2020 tumbuh 12,3%.

Pasar PC gaming, termasuk monitor gaming, di Asia Pasifik pada kuartal 4/2020 tumbuh 12,3%.

Jakarta, TechnoBusiness Insights • Pandemi telah memaksa semua orang untuk tetap di rumah, yang justru mendorong pasar PC gaming di Asia Pasifik tumbuh signifikan.

Baca Juga: ICS Compute, One Stop Solution Layanan Cloud

Berdasarkan data IDC yang diumumkan pada Kamis (3/6), pasar PC gaming (desktop dan notebook) dan monitor di Asia Pasifik, kecuali Jepang, pada kuartal 4/2020 tumbuh 12,3%.

Yexi Liao, analis pasar PC gaming serta virtual dan augmented reality dari IDC Asia Pasifik, menyatakan permintaan pasar PC gaming yang mencapai 12,7 juta unit itu karena game menjadi hiburan utama selama pandemi.

“Itu telah membantu meningkatkan permintaan terhadap perangkat game,” kata Liao dalam paparannya mengenai “IDC Worldwide Quarterly Gaming Devices Tracker Q4 2020”.

Baca Juga: 20 Kota dengan Tarif Sewa Pergudangan Termahal di Dunia




Sayangnya, kendala pada pasokan panel LCD, sirkuit terpadu, dan unit pemrosesan grafis (GPU) membuat pasokan PC tidak mampu memenuhi permintaan yang tinggi.

Yang menarik, semua pasar PC gaming di kawasan Asia Pasifik menunjukkan pertumbuhan. Malaysia, Selandia Baru, Indonesia, Australia, dan India menjadi pendorong pertumbuhan tertinggi.


Pada 2021, IDC memperkirakan pasar PC gaming di Asia Pasifik berdasarkan pengiriman perangkat akan lebih besar lagi, yakni mencapai 15%. Hal itu juga dipengaruhi oleh pembatasan yang belum berakhir.•

Teks: TechnoBusiness Insights

Data: IDC, Juni 2021

Foto: Pixabay


Tekan “tombol lonceng” di sisi kiri layar Anda untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dari TechnoBusiness lebih cepat. 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TV. Jangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here