Connect with us

TechnoBusiness Insights

Nilai Pasar Logistik E-Commerce Global Menuju US$803,24 Miliar

Nilai pasar logistik e-commerce global pada 2021 tercatat sebesar US$317,34 miliar.

Published

on

Dublin, TechnoBusiness Insights EU Pasar e-commerce sungguh gegap gempita: nilai pasarnya terus meningkat seiring dengan semakin mudahnya berbelanja online di hampir seluruh dunia.

Baca Juga: Pendapatan Industri Hiburan dan Media Global Naik Jadi US$2,3 Triliun

Kemajuan teknologi, peningkatan hubungan antara pelanggan dan pemasok, dan peningkatan penggunaan internet turut menjadi pendorong meningkatnya nilai pasar e-commerce secara global.

Peningkatan itu tentu memberikan peluang yang menguntungkan bagi pelaku pasar logistik. Seperti diketahui, pasar logistik e-commerce lebih kompleks dari yang dibayangkan banyak orang.

Advertisement

Nilai pasar logistik e-commerce global pada 2021-2027 tumbuh secara CAGR sebesar 16,74%.

Logistik e-commerce mengacu pada berbagai proses, mulai dari manajemen investaris, pergudangan, pengemasan, pelabelan, pembuatan faktur, pengiriman, pengumpulan pembayaran, pengembalian, hingga pertukaran.  

Lebih dari itu, belakangan pasar logistik e-commerce mulai mengadopsi teknologi blockchain yang memungkinkan pelanggan memperoleh informasi pelacakan yang andal dengan operasional yang lebih efisien.

Baca Juga: Pasar Smartphone Indonesia Anjlok 17,3%, Oppo “Turun Tahta”

Juga, penggunaan teknologi identifikasi otomatis dan pengambilan data untuk meningkatkan akurasi, menurunkan biaya entri data, dan meminimalkan kesalahan pengiriman semakin banyak.

Itulah yang mengerek nilai pasar logistik e-commerce global untuk terus tumbuh dan membentuk angka dari US$317,34 miliar pada 2021 menjadi US$803,24 miliar pada 2027 (CAGR 16,74%), menurut ResearchAndMarkets.com.

Advertisement

Teks: TechnoBusiness Insights EU

Data: ResearchAndMarket.com, Juli 2022

Foto: Pixabay.com

Advertisement
Continue Reading
Advertisement