Connect with us

TechnoBusiness Insights

Pasar Connected Car Global Tahun Ini Tumbuh 18%

Pasar connected car global pada 2023 diperkirakan tumbuh 18% dan melaju pada tahun-tahun berikutnya.

Published

on

Connected car akan menjadi standar baru dalam industri otomotif global dalam beberapa tahun ke depan.

London, TechnoBusiness Insights UK Pasar connected car, istilah untuk kendaraan yang sudah terkoneksi dengan smartphone dan perangkat cerdas lainnya berkat kemampuan Internet of Things (IoT), terus tumbuh.

Berdasarkan penelitian perusahaan riset pasar global Omdia, bagian dari Informa Tech, yang berbasis di London, connected card yang beredar di jalan pada 2023 diperkirakan tumbuh 18%.

Baca Juga: Koneksi 5G di Asia Pasifik 2030 Diprediksi Meningkat 10 Kali Lipat

Pertumbuhan pasar connected car yang menggiurkan itu lantas menjadikan perusahaan teknologi seperti Google dan Apple semakin semangat untuk meraih peluang pendapatan dari pasar tersebut.

Advertisement

Apalagi, lebih dari 900 juta connected car diyakini akan lalu lalang di jalan pada awal dekade berikutnya, melampaui basis pemasangan perangkat populer seperti set top box TV berbayar dan tablet.

Connected car akan berhias banyak layar di kabin depan dan belakang, yang ukurannya bertambah besar setiap tahun, sehingga memungkinkan penumpang menikmati hiburan musik, video, dan game secara maksimal.

Baca Juga: Pasar Daya Pusat Data Global 2028 Diyakini Bernilai US$27 Miliar

Dalam beberapa tahun ke depan, fitur konektivitas dalam kendaraan akan menjadi standar baru dan menjadi peluang pendapatan bagi penyedia layanan. Meskipun, rasanya monetisasinya tidak mudah.

Menurut analis utama Omdia David Tett, konsumen kebanyakan tidak mau membayar ekstra untuk layanan konekvitas yang ditambahkan. Maka, dibutuhkan strategi monetisasi yang inovatif untuk itu.

Advertisement

Teks: TechnoBusiness Insights UK

Data: Omdia, Juli 2023

Foto: Jay Pizzle/Pexels

Advertisement