Connect with us

TechnoBusiness Insights

Pengiriman Smartphone Global Kuartal 2/2023 Turun 7,8%

Pengiriman smartphone global terus mengalami penurunan selama delapan kuartal berturut-turut.

Published

on

Pengiriman smartphone ke seluruh dunia mengalami penurunan dalam delapan kuartal berturut-turut.

Massachusetts, TechnoBusiness Insights US Pengiriman smartphone ke seluruh dunia (worldwide smartphone shipments) belakangan ini terus-menerus turun. Per kuartal 2/2023, angkanya turun 7,8% dibanding kuartal yang sama tahun lalu (287,6 juta) menjadi 265,3 juta.

Baca Juga: Hebat! BCA Jadi Merek Paling Bernilai di Asia Tenggara

Menurut penghitungan IDC yang dirilis dalam laporan IDC Worldwide Mobile Phone Tracker baru-baru ini, penurunan pengiriman smartphone per kuartal 2/2023 menandai kontraksi kuartalan ke delapan berturut-turut karena beragam faktor.

Faktor-faktor penurunan pengiriman smartphone ke seluruh dunia itu, antara lain karena lemahnya daya beli, inflasi, ketidakpastian ekonomi makro, dan kelebihan persediaan. Gejolak ekonomi karena pandemi turut memperlama tren penurunan.

Advertisement

China, yang menjadi pasar utama smartphone dunia karena populasi yang sangat besar, mencatatkan penurunan pengiriman dari tahun ke tahun sebesar 2,1%, lebih kecil daripada kontraksi lima kuartal yang double digit.

Baca Juga: Pasar Daya Pusat Data Global 2028 Diyakini Bernilai US$27 Miliar

“Meskipun paruh pertama tahun ini menghadapi banyak tantangan pasar, kami yakin masih banyak peluang yang menunggu di paruh kedua tahun ini,” kata Anthony Scarsella, Research Director for Mobile Phone IDC.

Teks: TechnoBusiness Insights US

Data: IDC, Juli 2023

Foto: Pixabay

Advertisement