Connect with us

TechnoBusiness Insights

Waduh, Sebagian Insiden Keamanan Siber Justru Disengaja!

Insiden keamanan siber perusahaan terkadang terjadi karena faktor kesengajaan yang dilakukan oleh manusia atau karyawannya.

Published

on

Jakarta, TechnoBusiness Insights ID Perusahaan-perusahaan keamanan siber (cyber security) global terus mengingatkan pelaku bisnis untuk memproteksi datanya agar terhindar dari bahaya peretasan yang sangat merugikan.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ternyata sebagian insiden keamanan siber perusahaan justru dilakukan dengan sengaja oleh karyawannya sendiri? Fakta itu terungkap setelah perusahaan keamanan siber Kaspersky meneliti kemungkinan tersebut.

TechnoBusiness Insights: Pasar Loker Pintar Global Naik Tiga Kali Lipat dalam Lima Tahun

Hasilnya memang mengejutkan. Dalam dua tahun terakhir, sebanyak 33% insiden keamanan siber di Asia Pasifik terjadi karena ada unsur kesengajaan karyawan perusahaan untuk melanggar protokol keamanan.

Advertisement

Managing Director Kaspersky Asia Pasifik Adrian Hia menyatakan terdapat persepsi yang kuat bahwa kesalahan manusia menjadi salah satu penyebab utama insiden keamanan siber di dunia bisnis.

Masalah yang paling umum adalah karyawan dengan sengaja melakukan apa yang dilarang dan, sebaliknya, mereka gagal melakukan apa yang diwajibkan. Misalnya, 35% karena kelemahan kata sandi yang dibuat.

TechnoBusiness Insights: 39% Orang Indonesia akan Berlibur Saat Natal dan Tahun Baru

Hampir sepertiga (32%) insiden keamanan siber terjadi akibat staf perusahaan mengunjungi web yang tidak aman. Lalu, 25% insiden lainnya karena karyawan tidak memperbarui perangkat lunak atau aplikasi terbaru.

Melihat kenyataan itu, “Maka, pendekatan multidepartemen sangat diperlukan untuk membangun budaya keamanan siber perusahaan yang kuat,” kata Hia menjelaskan.

Advertisement

Teks: TechnoBusiness Insights ID

Data: Kaspersky, November 2023

Foto: Kaspersky

Advertisement