Connect with us

TechnoBusiness News

Akhirnya, Mobil Esemka Resmi Diluncurkan

Published

on

Untuk tahap awal, Esemka meluncurkan Bima 1.2 dan Bima 1.3. Mampukah mencuri ceruk pasar?

Jakarta, TechnoBusiness ID ● Usai kunjungan kerja ke sejumlah daerah di Kalimantan kemarin, pagi ini Presiden Joko Widodo ke Jawa Tengah. Di Boyolali, Presiden menghadiri peluncuran mobil Esemka yang dikembangkan oleh PT Solo Manufaktur Kreasi.

Baca Juga: 4 Merek Teknologi Paling Bernilai di Indonesia 2019

Model pertama yang diluncurkan Esemka, yaitu kendaraan pick up Esemka Bima 1.2 dan Esemka Bima 1.3. Kendaraan itu lebih menyasar pasar pedesaan.

Advertisement

Selain peluncuran , Presiden juga menyambangi fasilitas pabrik mobil tersebut. “Saya menyambut gembira atas beroperasinya pabrik beserta fasilitas Esemka yang semuanya dikerjakan oleh anak bangsa,” ungkap Jokowi setelah dituliskan dalam laman Facebooknya siang ini.

[nextpage]

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di YouTube dengan kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dansubscribe“.


 

Advertisement

Presiden menjelaskan bahwa Esemka dibuat oleh Solo Manufaktur Kreasi, perusahaan yang sepenuhnya milik swasta. Kendati bukan mobil nasional, sebagai produk dalam negeri tentu kehadirannya memberikan efek penting bagi pergerakan ekonomi.

Menurutnya, Esemka akan memberikan efek berantai bagi industri pemasok otomotif lokal lainnya. “Karena itulah, kita semua harus mendukungnya,” ujar Presiden.

Baca Juga: 10 Perusahaan Ritel Non-Toko Terbesar di Asia Pasifik 2019

Peluncuran itu ibarat jawaban dari keraguan banyak orang tentang kemungkinan munculnya mobil Esemka. Seperti kita ketahui, mobil Esemka telah dirintis sejak Jokowi masih menjadi wali kota Solo.

Saat itu, ia telah menyatakan mendukung pengembangan mobil Esemka dan telah menguji cobanya. Bahkan, mobil Esemka identik dengan Jokowi. Tak pelak, mobil Esemka pun menjadi konsumsi politik banyak pihak.●

Advertisement

—Anwar Ibrahim, TechnoBusiness ID ● Foto: Juru Foto Istana

Continue Reading
Advertisement