Connect with us

TechnoBusiness News

Beyond Fresh, Sistem Sirkulasi Udara Rumah Sakit Layaknya di Pesawat

Cucu perusahaan Garuda Indonesia membawa sistem sirkulasi udara kabin pesawat ke dalam ruangan rumah sakit.

Published

on

Beyond Fresh diusung Garuda Daya Pratama Sejahtera dari kabin pesawat ke ruangan rumah sakit.

Jakarta, TechnoBusiness ID PT Garuda Daya Pratama Sejahtera, cucu perusahaan PT Garuda Indonesia Tbk. (IDX: GIAA), mengusung sistem sirkulasi udara dalam kabin pesawat terbang ke ruangan rumah sakit. Inovasi indoor air engineering itu dinamakan Beyond Fresh.

Dirancang oleh para pakar penerbangan Indonesia, Beyond Fresh yang diadopsi dari teknologi ruangan kabin pesawat terbang jenis terbaru itu sengaja dikembangkan untuk menekan risiko penularan COVID-19 di dalam ruangan, salah satunya rumah sakit.

Baca Juga: IBM Akuisisi McD Tech Labs Demi Teknologi Automated Order Taking

Manajemen Garuda Daya Pratama Sejahtera mengungkapkan Beyond Fresh mampu menonaktifkan aerosol pembawa virus dengan menggunakan sinar UV-C, penyaringan virus melalui HEPA filter, dan pengaturan sirkulasi udara sesuai standar ACH.

Advertisement

Menurut The International Air Transport Association, teknologi HEPA yang dipasang di dalam kabin pesawat efektif dan mampu menangkap hingga 99,99% partikel, termasuk virus di udara yang terbawa ke dalam kabin pesawat setiap 2-3 menit.

Beyond Fresh mampu menonaktifkan aerosol pembawa virus dengan menggunakan sinar UV-C.

Atas pertimbangan itu, maka Garuda Daya Pratama Sejahtera mengusung teknologi tersebut ke dalam ruangan non-pesawat, terutama rumah sakit. Apalagi, World Health Organization memperkirakan ada 180.000-an tenaga medis di seluruh dunia yang meninggal selama pandemi.

Baca Juga: Fight Esports Raih Penghargaan dari Marketing-Interactive

Di Indonesia saja, menurut data dari LaporCovid19, jumlah tenaga medis yang gugur selama pandemi tidaklah sedikit, yakni mencapai lebih dari 2.000 orang, mayoritas dokter dan perawat. Sampai sekarang pandemi pun masih mengancam.

“Kenyataan itulah yang mendorong perusahaan untuk mengimplementasikan Beyond Fresh sebagai inovasi teknologi tata udara di rumah sakit,” kata Mohamad Arif Faisal, Direktur Utama Garuda Daya Pratama Sejahtera.

Advertisement

—Vino Darmawan, TechnoBusiness ID Foto: Garuda Indonesia