Connect with us

TechnoBusiness News

Internet Society Perkuat Internet Exchange Point di Asia Pasifik

Internet Society dan sejumlah organisasi internet dunia berkolaborasi memperkuat Internet Exchange Point di kawasan Asia Pasifik.

Published

on

Washington, TechnoBusiness US Internet Society, organisasi internet dunia yang didirikan pada 1992, dan sejumlah organisasi internet lainnya sepakat memperkuat dan mendukung perkembangan Internet Exchange Point (IXP) di Asia Pasifik.

Internet Exchange Point yaitu infrastruktur teknis yang mewujudkan pengalaman internet lebih cepat, murah, dan andal. Caranya dengan menyatukan berbagai jaringan dari sektor swasta, publik, dan pendidikan.

Baca Juga: BenQ Gandeng Synnex Metrodata untuk Pasarkan Monitor Premium

Dengan demikian, jaringan-jaringan itu dapat saling terhubung dan bertukar arus penggunaan internet (internet traffic). Internet Exchange Point membantu negara-negara memanfaatkan ekonomi internet global melalui peningkatan akses internet dan membuka berbagai peluang dengan investasi umum.

Advertisement

Kesepakatan itu akan mencakup seluruh kawasan Asia Pasifik, tapi akan bermanfaat bagi sebagian besar negara yang mempertukarkan arus penggunaan internet lokalnya pada tautan internasional.

Negara-negara itu adalah negara tanpa pantai (lanlocked), negara-negara berkembang yang membutuhkan lebih banyak lokalisasi arus penggunaan internet, dan negara-negara berkembang yang terdiri atas wilayah kepulauan.

Internet Exchange Point adalah infrastruktur teknis yang menjadikan internet lebih cepat.

Sejumlah organisasi internet yang menjalin kesepakatan itu, selain Internet Society, antara lain Asia Pacific Internet Exchange Association (APIX), Asia Pacific Network Information Centre (APNIX), dan APNIC Foundation.

“Penandatanganan MoU ini mencerminkan komitmen Internet Society dalam bermitra dengan organisasi-organisasi di Asia Pasifik untuk mengembangkan Internet Exchange Point,” kata Naveed UI Haq, Regional Infrastructure and Connectivity Director Internet Society.

Baca Juga: Jio Health Raih Pendanaan Seri B US$20 Juta dari Heritas Capital

Advertisement

Berkat Internet Exhange Point, arus penggunaan internet lokal dapat saling ditukar sehingga mengurangi ketergantungan terhadap gateway internasional. Sistem itu akan bermanfaat bagi perusahaan dan konsumen yang menjadi penggunanya.

APNIC pun menyatakan telah lama mendukung perkembangan internet exchange nirlaba di Asia Pasifik. “Lewat kolaborasi ini, kami mempercepart pertumbuhan Internet Exchange Point di tingkat regional,” ujar Che-Hoo Cheng, Infrastructure and Development Director APNIC.

—Celine Tamaria, TechnoBusiness US Foto: DRR Gateway Net/Shutterstock

Advertisement