Connect with us

TechnoBusiness News

FIGHT Esports Sediakan Layanan Penuhi Kebutuhan Industri Esports

Berikut ini beragam layanan yang disediakan oleh FIGHT Esports untuk memenuhi kebutuhan para gamer di Asia Tenggara.

Published

on

Jakarta, TechnoBusiness ID ● FIGHT Esports diluncurkan pada 2019 sebagai platform hiburan untuk penikmat esports di Asia Tenggara. Sejak saat itu FIGHT bertransformasi menjadi One-Stop-Solution dengan menyediakan servis marketing dan PR, produksi konten, lokalisasi siaran esports, dan turnamen. 

Industri esports makin meroket di tanah air. Selama dekade terakhir, esports berubah dari kegiatan hobi bergulir menjadi sebuah karir yang menghidupi. FIGHT (Forest Interactive Gaming Habitat Team) Esports telah membantu membangun ekosistem komunitas game sembari mendukung pengembangan industri melalui turnamen streaming langsung dan konten game. Kehadiran FIGHT Esports juga memberikan layanan lengkap untuk industri esports secara global.  

Berdiri sejak 2019 dengan tujuan untuk menghubungkan dan menumbuhkan komunitas game, FIGHT Esports telah menyelenggarakan lebih dari 80 turnamen di 7 negara termasuk Kamboja, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Thailand, Taiwan, dan Filipina. Melampaui turnamen, FIGHT hari ini juga menawarkan layanan seperti produksi konten game, servis public relations dan pemasaran esports, serta lokalisasi siaran dari game publisher

FIGHT Esports dari tahun ke tahun 

Pada tahun-tahun awal berdirinya, FIGHT Esports mulai bergerak sebagai cabang e-sports di bawah Forest Interactive, sebuah perusahaan teknologi yang berkantor pusat di Kuala Lumpur yang mengembangkan platform seluler yang dapat diskalakan. Sebagai platform hiburan esports, FIGHT Esports fokus membangun komunitas game di seluruh Asia Timur dan Tenggara melalui berbagai turnamen online lokal dengan menggerakkan komunitas, seperti Turnamen Kampus Arena of Valor (AOV) di Taiwan, Dota 2 Paradise Cup di Indonesia, turnamen Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) di Kamboja dan Indonesia, turnamen Apex Legends di Thailand, serta turnamen Valorant di Filipina. 

Advertisement

FIGHT Esports juga telah menjalin banyak kemitraan untuk menyelenggarakan turnamen, termasuk dengan Garena untuk Level Up KL 2020, TikTok untuk #TikTokGGPH Creator Cup, dan KITAMEN untuk Level Up KL Junior Cup 2021. Tahun lalu juga menandai multi-regional FIGHT Esports yang pertama, termasuk turnamen FIGHT Campus League/Legend (FCL), untuk seluruh mahasiswa di Indonesia, Malaysia, dan Filipina. 

“Tim kami berinisiatif untuk tidak hanya membangun dan menumbuhkan komunitas game di seluruh dunia, tetapi juga menciptakan nilai bagi mitra,” kata Matthew Ho, Head of FIGHT Esports. 

“Dalam dua tahun terakhir, kami telah berkolaborasi erat dengan game publisher dan mitra dari berbagai industri untuk menyelenggarakan acara dan turnamen dalam upaya kami untuk merayakan budaya game modern dan memberdayakan komunitas esports akar rumput,” lanjutnya. 

Kini, FIGHT Esports telah menjadi mitra resmi dari Tencent Games di Filipina dan Malaysia dalam mengelola public relations dan broadcast localization untuk Tencent Games di dua negara tersebut. 

Upaya FIGHT Esports juga telah diakui oleh berbagai pihak dengan diraihnya beberapa penghargaan, seperti meraih Gold Awards dalam PR Indonesia Awards (PRIA) 2022 untuk kategori PR Marketing, membawa pulang Perunggu di Marketing Events Awards 2021 untuk kategori Best Consumer Event – Esports, dan PR of the Year 2022 dari MIX Magazine untuk kategori Marketing PR Program Esports. Pertumbuhan FIGHT Esports yang luar biasa akhirnya memimpin platform hiburan esports global untuk memantapkan dirinya sebagai entitas bisnisnya sendiri pada akhir tahun 2021.  

Advertisement

Solusi FIGHT Esports untuk industri 

Sebagai agensi esports yang memberikan layanan lengkap secara global, FIGHT Esports bertujuan untuk menghubungkan dan menumbuhkan komunitas game tanah air. Gerakan yang dilakukan berfokus pada empat poin utama, termasuk menghubungkan komunitas game yang berkembang, mengumpulkan pengguna voucher game dari Wallet Codes, membangun persaingan yang sportif antar amatir gamer melalui turnamen profesional, dan membuka peluang bagi merek atau perusahaan untuk terlibat di industri esports.

Dalam implementasinya, FIGHT Esports menawarkan beberapa layanan seperti public relations, pemasaran esports, penyiaran lokal, turnamen, dan konten.  

  1. Public Relations 

FIGHT Esports Philippines misalnya, menjadi agensi PR resmi untuk PUBG MOBILE Filipina. Dalam perannya sebagai PR, FIGHT Esports tidak hanya mengelola merchandise dan media untuk PUBG, tetapi juga esports show seperti PUBG MOBILE Salo-Salo Chicken Dinner sebagai acara yang memadukan esports dengan makanan, dengan konten gaya mukbang yang didukung oleh KOL game top.

  1. Esports Marketing 

Sepak terjang FIGHT Esports dalam esports marketing diawali dengan terpilihnya FIGHT Esports Malaysia sebagai mitra resmi untuk Program Pemimpin Komunitas PUBG MOBILE guna menumbuhkan komunitas game di antara pemain dan siswa. Kemudian, terpilih untuk mengelola penayangan perdana Penayangan perdana film PUBG MOBILE x Spider-Man: No Way Home di Filipina dan Watch Party PUBG MOBILE Global Championship (PMGC 2022) di Kuala Lumpur, Malaysia. Terakhir baru-baru ini, FIGHT Esports Filipina menyelenggarak Roadshow HUT ke-4 PUBG MOBILE di Robinsons Galleria Cebu, Kota Cebu, Robinsons Magnolia dan Metro Manila Robinsons Galleria Ortigas di Quezon City, Metro Manila. 

  1. Broadcast Localization

Layanan ini dimaksudkan untuk memberikan konten siaran yang sudah dilokalisasikan, baik itu dari segi bahasa mapun suara. FIGHT Esports Thailand dipercaya menjadi mitra siaran resmi untuk Apex Legends Global Series 2021. Kemudian di Malaysia, FIGHT Esports menggandeng BLACKPINK untuk mendukung program PUBG MOBILE.

  1. Gaming Tournament

Layanan yang diberikan oleh FIGHT Esports dalam menyelenggarakan turnamen gim ini termasuk antaranya brand activation, turnamen online and tatap muka, dan membangun komunitas.

  1. Gaming Content

Konten gim yang disediakan oleh FIGHT Esports meliputi podcast, give away, pengelolaan sosial media, mini documentaries, wawancara, dan workshop seputar esports

Apa kata mitra 

FIGHT Esports secara resmi sudah bekerjasama dengan TikTok di empat negara, yaitu Filipina, Indonesia, Malaysia, dan Thailand dalam menyelenggarakan kampanye gim. Keberadaan FIGHT Esports memperkuat komunikasi TikTok kepada audiens nya sebagai penyedia konten edukasi di bidang esports.  

Berikut kata TikTok atas kontribusi FIGHT Esports, 

John Castro 

Advertisement

Gaming Operations Manager, TikTok PH 

“TikTok terus mengejar peluang untuk menginspirasi kreativitas dan membawa kegembiraan bagi semua orang Filipina. Dengan game yang secara aktif menjadi sumber positif untuk pembangunan dan kesenangan komunitas, kami senang dapat melakukan bagian kami dalam menyediakan platform bagi komunitas game yang berkembang untuk pendidikan, koneksi positif, dan interaksi.” 

Angga Anugrah Putra 

Head of Operations, TikTok ID 

“Antusiasme para peserta dan penonton turnamen FIGHT Campus Legend menunjukkan kepada kami pertumbuhan komunitas game dan penggemar esports yang berkelanjutan. Kami berharap TikTok dapat terus menjadi platform yang membuka peluang bagi komunitas game untuk menjangkau audiens baru, menemukan bakat baru, dan memberikan hiburan tanpa akhir.” 

Advertisement

Cheah Sheau Mei 

User & Content Operations Manager, TikTok MY 

“Kami senang dapat memperluas komunitas gamer dan kreator esports yang berkembang pesat di TikTok. Format pendek dan konten unik TikTok menjadikannya platform yang sempurna bagi para gamer untuk menampilkan kisah unik mereka, terhubung dengan gamer lain, dan merayakan budaya game modern — semuanya sambil bersenang-senang karena komunitas game terus tumbuh di TikTok. Kami berharap dapat berkolaborasi erat dengan organisasi yang berpikiran sama seperti FIGHT Esports untuk mendorong semangat dan orisinalitas lebih banyak gamer.” ● Sponsored Content

Advertisement