Connect with us

TechnoBusiness News

Bendungan Semantok, Bendungan Terpanjang di Asia Tenggara?

Bendungan Semantok di Nganjuk akan menjadi bendungan terpanjang di Asia Tenggara.

Published

on

Maket Bendungan Semantok di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, yang akan segera selesai pembangunannya.

Jakarta, TechnoBusiness ID PT Brantas Abipraya, perusahaan kontruksi, industri, perdagangan, dan jasa yang semula didirikan di Malang, Jawa Timur, pada 12 November 1980 untuk membangun Proyek Perluasan Wilayah Sungai Brantas, akan segera menuntaskan pembangunan Bendungan Semantok.

Menurut manajemen perusahaan, Brantas Abipraya menargetkan Bendungan Semantok akan selesai pembangunannya pada akhir tahun ini. Jika sudah resmi difungsikan, Bendungan Semantok yang berlokasi di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, itu akan menjadi bendungan terpanjang di Asia Tenggara.

Baca Juga: Jumlah Investor Aset Kripto di Indonesia Tembus 16,1 Juta Orang

“Bendungan ini dibuat sebagai penyedia air baku dan telah dilakukan pengisian awal [impounding] pada Juni lalu,” ungkap Miftakhul Anas, Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya, di Jakarta, Senin (17/10). Bendungan Semantok dapat menyediakan air baku sebanyak 312 liter per detik.

Advertisement

Volume tampung airnya mencapai 32,67 juta meter kubik (m3) sehingga dapat memasok air untuk irigasi sawah seluas 1.900 hektare. Disebut sebagai bendungan terpanjang di Asia Tenggara, kata Anas, karena dihitung berdasarkan panjang lintasan mercu bendungan.

Bendungan Semantok dibangun selama lima tahun sejak Desember 2017.

Mercu bendungan yaitu bagian teratas dari tubuh bendung, tempat di mana aliran dari hulu dapat mengalir atau melimpah ke hilir. Mercu Bendungan Semantok sepanjang 3.100 meter dapat memperkuat ketahanan air dan pangan di Nganjuk dan sekitarnya.

Bendungan setinggi 38,5 meter bertipe timbunan random tanah zonal itu nantinya akan menggenangi area seluas 365 hektare sehingga pada saat kemarau tetap dapat menyuplai air ke persawahan. Selain itu, Bendungan Semantok juga berfungsi sebagai pengendali banjir karena daya tampungnya yang besar.

Baca Juga: Mengungkap Kinerja Biznet Setelah 22 Tahun Melayani Pelanggan

Bendungan Semantok yang dibangun selama lima tahun sejak Desember 2017 itu juga berfungsi untuk pemeliharaan sungai di hilir bendungan sebesar 30 liter per detik dan mereduksi banjir di Kabupaten Nganjuk dan sekitarnya hingga 30%.

Advertisement

“Dengan diselesaikannya Bendungan Semantok ini nantinya dapat menambah daftar bendungan karya Brantas Abipraya sebagai champion dalam pembangunan infrastruktur air, khususnya bendungan,” kata Anas.

—Anwar Ibrahim, TechnoBusiness ID Foto: Brantas Abipraya

Continue Reading
Advertisement
3 Comments

3 Comments

  1. zmozeroteriloren

    06/12/2022 at 6:29 PM

    I like this post, enjoyed this one regards for posting. “To the dull mind all nature is leaden. To the illumined mind the whole world sparkles with light.” by Ralph Waldo Emerson.

  2. Hello there, I found your site by way of Google whilst looking for a related matter, your website came up, it seems to be good. I’ve bookmarked it in my google bookmarks.

  3. retail analyst

    29/12/2022 at 12:51 AM

    I’ve been browsing online more than three hours today, but I by no means found any attention-grabbing article like yours. It?¦s beautiful worth sufficient for me. In my opinion, if all webmasters and bloggers made excellent content material as you did, the web will probably be much more helpful than ever before.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *