Connect with us

TechnoBusiness News

Deteksi Fraud, Bank Sumut Gandeng Multipolar Technology

Bank Sumut menggunakan solusi VisionDG Modul Fraud Detection System Multipolar Technology untuk mendeteksi fraud.

Published

on

Kantor pusat Bank Sumut di Medan, Sumatera Utara

Jakarta, TechnoBusiness ID Guna memperkuat sistem keamanan layanan digitalnya, PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara (Bank Sumut) menerapkan Fraud Detection System dengan memanfaatkan solusi VisionDG dari PT Multipolar Technology Tbk. (IDXL MLPT).

Solusi VisionDG Modul Fraud Detection System Multipolar Technology dinilai telah memenuhi kriteria, kualifikasi, dan verifikasi yang dibutuhkan perusahaan. Sistem yang ditawarkan juga mampu memenuhi ekspektasi nasabah dalam memberikan rasa aman saat bertransaksi digital.

Baca Juga: Penjualan TV Hisense per Desember 2022 Tertinggi di Dunia

Sistem tersebut, menurut Plt Direktur Utama Bank Sumut Hadi Sucipto, melindungi keamanan transaksi bukan hanya dari sisi core banking dan layanan channel, melainkan juga dari sisi user dengan menganalisis kebiasaan, perangkat yang digunakan, serta jenis transaksi yang dilakukan.

Advertisement

“Kami kenal Multipolar Technology cukup lama yang memang tepercaya dalam membantu mempercepat transformasi digital perbankan,” ungkap Hadi. Transformasi digital perbankan telah mengubah pola konsumsi masyarakat melalui belanja online, mobile banking, dan payment banking.

Masalahnya, dalam waktu yang sama, Direktur Keuangan dan Teknologi Informasi Bank Sumut Arieta Aryanti mengatakan, transformasi digital memicu naiknya ancaman kejahatan finansial. Sampai-sampai Bank Indonesia mewajibkan penggunaan fraud detection system.

Solusi VisionDG Modul Fraud Detection System Multipolar Technology dinilai memenuhi kriteria.

Solusi VisionDG

Karena itu, Bank Sumut menggandeng Multipolar Technology guna menerapkan fraud detection system. Solusi VisionDG Modul Fraud Detection System Multipolar Technology bekerja secara near real-time berbasis rule dilengkapi kapabilitas Machine Learning (AI Engine) yang dapat mendeteksi fraud.

Herryanto, Direktur Account Management FSI dan Commercial Multipolar Technology, menjelaskan, saat mendeteksi adanya anomali transaksi, dengan latensi kurang dari satu detik untuk setiap transaksinya, fraud detection system akan mengirimkan notifikasi secara real-time kepada nasabah melalui e-mail, WhatsApp, atau Telegram.

Advertisement

Baca Juga: Astra dan Toyota Bentuk Usaha Patungan Baru: Moda

Laporan transaksi yang terindikasi fraud juga dapat disiapkan berdasarkan data histori yang mengidentifikasi anomali transaksi melalui laporan fraud. Solusi VisionDG Modul Fraud Detection System Multipolar Technology bisa diintegrasikan dengan ATM, mobile banking, branch, dan lainnya.

“Multipolar Technology mendukung inisiatif Bank Sumut untuk menjadi bank dengan inovasi dalam layanan digital terdepan,” kata Herryanto. “Kami yakin solusi VisionDG Modul Fraud Detection System kami mampu meningkatkan kepercayaan nasabah terhadap layanan Bank Sumut.”

—Purjono Agus Suhendro, TechnoBusiness ID Foto: Bank Sumut


THE BEST ADVICE

Advertisement