TechnoBusiness News
Darurat Internet Sehat, Kemkominfo Kampanyekan Makin Cakap Digital
Kampanye Makin Cakap Digital #MakinHepii diharapkan mampu meningkatkan literasi pengguna internet.
Kampanye Makin Cakap Digital #MakinHepii diharapkan mampu meningkatkan literasi pengguna internet.
Published
7 months agoon
● APJII menyebutkan jumlah pengguna internet di Tanah Air pada 2024 mencapai 221,5 juta orang.
● Kampanye Makin Cakap Digital #MakinHepii diharapkan mampu meningkatkan literasi pengguna internet.
Jakarta, TechnoBusiness ID ● Tak dimungkiri bahwa internet telah membawa kemajuan di segala bidang yang sungguh luar biasa. Internet membuat segalanya menjadi lebih mudah, cepat, dan efisien. Bahkan, di era Internet of Things (IoT) ini, hampir semua aktivitas terhubung dengan internet.
TechnoBusiness News: Modernisasi Jaringan 5G XL Axiata, Nokia Manfaatkan Solusi AirScale
Masalahnya, internet tidak hanya menjadi saluran untuk melakukan hal-hal yang positif, melainkan juga negatif. Sebagai contoh, bagi sebagian orang memanfaatkan media sosial yang bertumpu pada internet untuk memperluas jejaring, tetapi bagi beberapa yang lain justru untuk menyebarkan hoaks.
Bagi banyak orang internet sangat menunjang pekerjaan mereka, tetapi bagi sebagian yang lain justru menggunakannya untuk melakukan penipuan, menyerang orang lain, mempromosikan judi online, dan lain sebagainya. Artinya, internet bisa positif atau negatif tergantung pemanfaatannya.
Karena itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika di Jakarta pada Jumat (26/4) meluncurkan kampanye Makin Cakap Digital 2024 #MakinHepii untuk mendorong empat pilar berinternet, yaitu Digital Skill, Digital Ethic, Digital Safety, dan Digital Culture.
Sekretaris Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo Slamet Santoso mengatakan kampanye Makin Cakap Digital diperlukan karena pengguna internet di Indonesia semakin banyak, yang sebagian besar di antaranya memanfaatkannya untuk berjejaring sosial.
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia menyebutkan jumlah pengguna internet di Tanah Air tahun ini mencapai 221,5 juta orang dan sebagian besar merupakan pengguna jejaring sosial. Angka itu terus naik seiring penetrasi internet yang semakin meluas dan jumlah populasi yang semakin bertambah.
“Jadi, Makin Cakap Digital diharapkan dapat meningkatkan literasi masyarakat terhadap ancaman kejahatan digital. Saat ini, banyak masyarakat yang tergoda keuntungan instan lantas terjebak judi online, investasi palsu, pinjaman online ilegal, dan lain sebagainya,” ungkapnya.
Libatkan Influencer
Agar lebih maksimal, Kemenkominfo mengampanyekan Makin Cakap Digital #MakinHepii melalui iklan TV (TVC) yang dibintangi oleh aktris sekaligus penyanyi Aurelie Moeremans dan komika Nopek Novian dan diproduseri oleh komika Jui Purwoto.
Ketiganya dipilih karena aktif menggunakan jejaring sosial secara positif dan dianggap mewakili generasi mereka yang milenial dan Gen Z. “Melalui mereka diharapkan edukasi literasi digital dapat tersampaikan dengan cara yang menyenangkan,” ujar Slamet.
TechnoBusiness News: Hadir 50 Tahun Lalu, Kini Jaringan Ibis Miliki Sekitar 2.500 Hotel
Aurelie, yang memiliki 2,8 juta follower di Instagram, mengaku selama ini memanfaatkan jejaring sosial untuk membagikan hal apa saja yang positif. Ia juga sering berbagi informasi positif tentang pelestarian hewan dan lingkungan.
Sementara Nopek mengungkapkan, “Konten saya memang untuk membuat orang yang melihat semakin happy. Melalui komedi berbahasa Jawa, saya membuat konten yang menghibur dengan kolaborasi bersama influencer lain,” katanya menceritakan.●
—Purjono Agus Suhendro, TechnoBusiness ID
Soltius Indonesia Jalin Kemitraan dengan Bhumi Varta Technology
Jumlah Pengguna Bybit Naik Jadi 50 Juta dalam 40 Hari
Multipolar Technology Tawarkan Tiga Solusi Andal untuk Memodernisasi Teknologi Perusahaan
KPMG Investasi Hingga US$100 Juta di Google Cloud Alliance
Pullman Hotels & Resorts Reveals “The Transforming Room” Concept
Y&S Insights: Komparasi Implementasi 5G di Indonesia dan Negara-Negara Lain
Infor Positioned as a Leader in the 2024 Gartner Magic Quadrant for Cloud ERP
Pemasaran Aplikasi Seluler di Asia Tenggara Cukup Potensial
Inilah Daftar Pemenang Smarties Indonesia Awards 2024