Connect with us

TechnoBusiness News

Tomoro Coffee Bangun Fasilitas Sangrai Kopi Kapasitas 2.400 Ton

Tomoro Coffee telah memiliki lebih dari 500 kedai di Indonesia, Singapura, China, dan Filipina.

Published

on

Prosesi potong tumpeng pembukaan Tomoro Coffee Roastery di Jakarta, Senin (29/4).

Tomoro Coffee telah memiliki lebih dari 500 kedai di Indonesia, Singapura, China, dan Filipina.

Fasilitas sangrai Tomoro Coffee mampu menampung 2.400 ton biji kopi.

Jakarta, TechnoBusiness ID Tomoro Coffee, jaringan kedai kopi dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia saat ini, hari ini memperkenalkan fasilitas sangrai (coffee roastery)-nya di Jakarta yang mampu menampung hingga 2.400 ton biji kopi.

Advertisement

TechnoBusiness News: Spire Research and Consulting “Rebranding” Jadi YAMADA Consulting & Spire

Fasilitas itu dikembangkan Tomoro Coffee untuk mendukung operasional kedai-kedainya yang terus bertambah. Sejak didirikan pada Agustus 2022, setidaknya lebih dari 500 kedai telah dibuka, bukan hanya di Indonesia, melainkan juga di Singapura, China, dan Filipina.

Star Yuan, Direktur Utama Tomoro Coffee, mengatakan, pembangunan coffee roastery merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk menghadirkan industri berkelanjutan yang nantinya bisa membentuk satu ekosistem dari hulu hingga hilir.

“Tomoro Coffee Roastery menggunakan mesin sangrai berkualitas yang dapat melacak proses produksi mulai dari awal hingga akhir. Fitur ini akan memastikan hasil yang konsisten pada setiap batch produksi kopi,” katanya menjelaskan.

Mesin sangrai Tomoro Coffee dilengkapi dua alat afterburner yang dapat mengurangi polusi asap lebih dari 60%. Yang jelas, kata Hadi Suwardi, Product Manager Tomoro Coffee, “Komitmen kami terhadap kesegaran bukan sekadar janji, melainkan jaminan.”

Advertisement

TechnoBusiness News: Hadir 50 Tahun Lalu, Kini Jaringan Ibis Miliki Sekitar 2.500 Hotel

Pasar Kopi Terbesar

Tentu saja Tomoro Coffee hadir ke pasar Indonesia bukan tanpa hitung-hitungan yang matang. Berdasarkan laporan Momentum Works berjudul Coffee in Southeast Asia: Modernising Retail of the Daily Beverage, Indonesia memang menjadi raja pasar kopi modern di Asia Tenggara.

Pada 2023, menurut laporan itu, nilai pasar kopi modern di negeri ini mencapai US$47 juta. Angka itu setara dengan 27,7% nilai pasar kopi modern di pasar regional yang secara keseluruhan mencapai US$3,4 miliar. Bukan hanya pasar, Indonesia juga penghasil kopi berkualitas.

—Purjono Agus Suhendro, TechnoBusiness ID

Advertisement