TechnoBusiness News
Trafik Layanan Data XL Axiata Selama Lebaran Tahun Ini Naik 21%
XL Axiata telah mempersiapkan segala sesuatunya sejak jauh-jauh hari.

● Trafik layanan data XL Axiata selama periode Lebaran tahun ini melonjak cukup signifikan.
● Meski begitu, persentasenya hanya naik tipis dibanding periode yang sama tahun lalu.
Jakarta, TechnoBusiness ID ● PT XL Axiata Tbk. (IDX: EXCL), operator telekomunikasi seluler di bawah naungan Axiata Group, melaporkan bahwa trafik layanan data selama Ramadan dan Lebaran (28 Maret-6 April) tahun ini naik 21% dibanding hari-hari biasa.
Lonjakan itu tidak terlepas dari antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman dan berlibur merayakan Lebaran. Perusahaan pun menyatakan bersyukur dapat memberikan layanan yang optimal kepada pelanggan selama peak season itu.
“Persiapan telah kami lakukan jauh-jauh hari, mencakup seluruh aspek jaringan serta langkah-langkah antisipatifnya. Seluruh tim jaringan, baik di pusat maupun di lapangan, siaga penuh selama periode krusial tersebut,” ungkap I Gede Darmayusa, Direktur dan CTO XL Axiata, hari ini.
Selama periode pencatatan, trafik layanan streaming menyumbangkan peningkatan paling besar, yakni 17%, disusul file access yang meningkat 16%, lalu web browsing 12%. Untuk layanan streaming, misalnya, kenaikan trafiknya dipicu oleh lonjakan akses game yang mencapai 46%.
Lalu, akses ke TikTok, Netfflix, dan YouTube masing-masing naik 18%, 10%, dan 9%. Untuk layanan Instant Messenger, didominasi penggunaan WhatsApp yang naik 14%. Untuk layanan Social Network, trafik Instagram menyumbang kenaikan 26%, trafik X 23%, dan Facebook 4%.
Selanjutnya, masih menurut penjelasan Gede, trafik untuk layanan web browsing meningkat sebesar 12% dan belanja online melalui e-commerce naik 9%. Trafik untuk layanan penunjuk jalan (GPS) seperti Google Map dan Waze naik 19%.
Sementara dari sisi pusat keramaian, Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Pelabuhan Merak menjadi lokasi dengan lonjakan tertinggi, yakni 167% dan 156%. Meskipun terjadi lonjakan yang cukup signifikan dibanding hari-hari biasa, trafik layanan data XL Axiata periode Lebaran tahun ini hanya naik tipis, yaitu 5%, dibanding periode yang sama tahun lalu.●
—Purjono Agus Suhendro, TechnoBusiness ID