Published
8 years agoon
JAKARTA – Pesta belanja tahunan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) kembali digelar. Tahun ini, perayaan tersebut akan diadakan selama tiga hari sejak 12-14 Desember 2016, dan diikuti oleh 211 e-commerce dari seluruh Indonesia.
Jumlah peserta itu meningkat 48,6% jika dibandingkan dengan pelaksanaan Harbolnas 2015 yang diikuti oleh 142 e-commerce. “Jumlah peserta Harbolnas terus meningkat setiap tahunnya,” kata Miranda Suwanto, Senior Vice President Strategic Partnership Lazada Indonesia yang menjadi Ketua Panitia Harbolnas 2016 di Jakarta, Rabu (7/12).
Miranda menjelaskan bahwa Harbolnas pertama kali digelar pada 12 Desember 2012 dengan mengambil tanggal unik 12.12.12. Ketika itu baru diikuti oleh lima e-commerce. Kemudian pada 2013 bertambah menjadi 25 e-commerce, lalu pada 2014 78 e-commerce.
Tahun ini, seiring dengan lebih banyaknya peserta yang bergabung, diharapkan Harbolnas mampu meningkatkan jumlah transaksi online secara signifikan pula. Agar menarik, e-commerce-e-commerce yang turut serta dalam event ini menawarkan berbagai promo menarik, termasuk diskon hingga 95%.
Sejumlah perusahaan ikut mensponsori Harbolnas kali ini, antara lain Bank Central Asia, Telkomsel, Google, Facebook, Midtrans, Lion Parcel, Samsung Electronics, dan Grab Indonesia.
“Kami melihat perkembangan e-commerce di Indonesia sangat menjanjikan. Ini yang mendorong kami untuk terus berinovasi dan menawarkan berbagai solusi pembayaran secara online sehingga kenyamanan dan keamanan transaksi online konsumen dapat terjaga,” ungkap I Ketut Alam Wangsawijaya, Vice President Consumer Business BCA.
Telkomsel sebagai operator telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia juga merasa perlu mendukung event ini. Sebab, kata Dani Arthanta, General Manager Postpaid Device and Broadband Telkomsel, e-commerce telah menjadi bagian dari masyarakat Indonesia dan Telkomsel mendukung perkembangannya dengan terus menjaga kualitas jaringan.
“Tujuannya agar pelanggan mendapatkan pengalaman internet terbaik dengan Telkomsel,” terang Dani. Telkomsel telah menjadi operator telekomunikasi yang turut mendukung Harbolnas setiap tahun.
Lebih dari itu, Miranda menjelaskan bahwa Harbolnas diharapkan menjadi pemersatu bagi e-commerce untuk bisa bahu-membahu dalam mendukung dan memberikan ide terhadap setiap perkembangan industri ini di Tanah Air.**
—Purjono Agus Suhendro, TechnoBusiness Indonesia ● Foto-Foto: Harbolnas
Alibaba Reduces Heatstroke Risk at Tokyo 2020 with Cloud
TokoTalk: “Kami Berangkat dari Layanan Berbasis Chatbot”
Blibli Histeria 12.12 Meriahkan Harbolnas, Cek Promonya
Shopee, E-commerce Paling Populer di Asia Tenggara
Hadi Kuncoro: E-commerce Perbanyak Barang Impor Itu Begini Hitung-Hitungannya…
Cara Jakmall Dongkrak Penjualan Non-Reseller Saat Harbolnas
E-commerce Indonesia Tumbuh di Atas Rata-Rata Global
10 Tren Teknologi Pemerintahan 2019-2020 Versi Gartner
E-commerce Melesat, Toko Offline Meredup