Pengiriman PC ke seantero dunia per kuartal 3/2019 diperkirakan hanya tumbuh 1,1% dan dirajai oleh Lenovo.

Stamford, TechnoBusiness Insights Pengiriman personal computer (PC) dari berbagai vendor ke seluruh penjuru dunia per kuartal 3/2019 diperkirakan hanya tumbuh 1,1% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Baca Juga: E-commerce Indonesia Tumbuh di Atas Rata-Rata Global

Total pengiriman PC ke seluruh dunia pada kuartal 3/2019 mencapai 68.115.000 unit.

Berdasarkan penghitungan firma riset Gartner, Inc. (NYSE: IT), pengiriman PC periode ini berjumlah 68 juta unit, nyaris tak beranjak dari periode setahun sebelumnya yang tercatat sebanyak 67 juta unit.

PC yang masuk dalam penghitungan antara lain desktop PC, notebook PC, dan ultramobile premium seperti Microsoft Surface. Chromebook dan iPad tidak masuk dalam kategori penghitungan.

“Siklus penyegaran Windows 10 terus menjadi pendorong utama pertumbuhan di semua wilayah, meskipun besarnya dampak bervariasi sesuai dengan kondisi pasar lokal dan tahap siklus penyegaran,” kata Mikako Kitagawa, Senior Principal Research Analyst Gartner.

Di Jepang, misalnya, pengiriman PC tumbuh 55% karena adanya refresh Windows 10 dan perubahan pajak penjualan yang tertunda. Pertumbuhan itu jelas memengaruhi kinerja pasar global.

Namun, kekurangan central processing unit (CPU) dan perang dagang Amerika Serikat vs China belum menunjukkan dampak yang signifikan. Sebab, kekurangan CPU yang dirajai Intel masih bisa ditutupi dengan produk alternatif dari AMD dan Qualcomm.

Lenovo, merek asal China yang berkantor pusat di Quarry Bay, Hong Kong, tetap bertahan di posisi pertama sebagai pengirim unit PC terbanyak dengan pangsa pasar 24,7%, naik 5,8%. Lenovo mencetak pertumbuhan yang kuat di Jepang, yakni 45%.

Baca Juga: 61% Pembayaran “Mobile” Dunia Terjadi di Asia

Tiga merek asal Amerika Serikat, antara lain HP, Dell, dan Apple, berada di urutan 2, 3, dan 4. HP meraih pangsa pasar pengiriman 22,4%, Dell 16,6%, dan Apple 7,5%. Sayangnya, pangsa pasar Apple turun 3,7% dari 7,9%.

Merek-merek lain secara gabungan mengirimkan 11.595.000 unit.

Penurunan itu seiring dengan melemahnya permintaan PC mobile di Amerika Serikat sebesar 0,3%, sekalipun pengiriman desktop PC meningkat.

Pengiriman PC ke Asia Pasifik (tidak termasuk Jepang) juga turun 5,3% dipicu menurunnya permintaan di China.

Sebab, pasar China memperketat pengeluaran akibat ketidakpastian ekonomi. Pemerintah Beijing pun membuat kebijakan tidak resmi yang menyatakan bahwa PC yang dijual ke pemerintah daerah harus mematuhi konfigurasi OS dan komponen buatan negara tersebut.

Merek-merek lain secara gabungan mengirimkan 11.595.000 unit (pangsa pasar 17,0%), turun 9,3% dibanding pengiriman periode yang sama tahun lalu yang berjumlah 12.782.000 unit (19,0%).

Teks: TechnoBusiness Insights

Data: Gartner

Infografis: TechnoBusiness Media

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here