Connect with us

TechnoBusiness News

Tingkat Kepercayaan Diri CEO-CEO Global Anjlok

Published

on

Tingkat kepercayaan diri para CEO dunia terhadap bisnis mereka turun ke level terendah dalam satu dekade terakhir.

New York, TechnoBusiness ● Tingkat kepercayaan diri (confidence level) para CEO perusahaan-perusahaan di dunia menurun ke level terendah dalam satu dekade terakhir.

“Kepercayaan CEO menurun ke level terendah dalam satu dekade,” kata Lynn Franco, Direktur Senior Indikator Ekonomi The Conference Board, Inc., organisasi nonprofit bagi pebisnis dan periset yang berbasis di New York.

Baca Juga: Denso Tes Kendaraan Logistik Canggih di Indonesia

Advertisement

Franco menjelaskan bahwa mayoritas CEO pesimistis terhadap kondisi ekonomi saat ini. Hanya 8% yang menyatakan kondisinya lebih baik dibanding enam bulan lalu.

Hampir tiga perempat CEO mengaku kondisinya lebih buruk, naik dari 42% pada kuartal 2/2019.

Hampir tiga perempat CEO mengaku kondisinya lebih buruk, naik dari 42% pada kuartal 2/2019.

Mereka juga merasa kondisi industrinya lebih negatif ketimbang satu semester lalu.

Hanya 4% yang mengantisipasi akan membaik, turun dari 13% pada kuartal 2/2019.Ke depan, lanjut Franco, para CEO yang disurvei selama Agustus-September lalu berekspektasi bahwa prospek ekonomi global semakin memburuk.

Baca Juga: Sam McDonagh Tinggalkan Airbnb, Pimpin WeAre8

Sebanyak 67% memperkirakan kondisi ekonomi akan memburuk, naik dari 44% pada kuartal terakhir. Mereka yang memperkirakan jangka pendek bakal tak baik pun naik dari 38% menjadi 56%.

Advertisement

“Tarif dan masalah perdagangan, ditambah dengan ekspektasi moderasi pertumbuhan global, menyebabkan tingkat ketidakpastian yang tinggi,” ungkap Franco.

Akibatnya, banyak CEO memilih membatasi investasi. “Dalam jajak pendapat CEO dan CFO yang terpisah, sebagian besar percaya bahwa perselisihan perdagangan baru-baru ini akan berdampak abadi pada bisnis mereka,” jelasnya.●

—David T. William, TechnoBusiness/PRN ● Foto: Pixabay

 

Advertisement
Continue Reading
Advertisement