Published
7 years agoon
Jakarta, TechnoBusiness ID ● PT M Cash Integrasi Tbk. (IDX: MCI), perusahaan distribusi digital yang menyediakan platform gaya hidup dengan merek M Cash akan menawarkan saham perdana di Bursa Efek Indonesia pada 31 Oktober.
Dalam paparan publik yang diselenggarakan Jumat (6/10) pekan lalu, M Cash menawarkan sampai dengan 216.983.300 saham baru. Saham sebanyak itu dinilai setara dengan 25% dari modal disetor, yang per sahamnya dipatok Rp1.300-1.450 per saham.
M Cash menunjuk PT Kresna Sekuritas dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk. sebagai penjamin pelaksana emisi efek utama (lead underwater) dari penawaran saham perdana tersebut.
M Cash mengembangkan kios digital yang revolusioner dan pertama di Indonesia yang mampu mengeluarkan berbagai jenis kartu fisik, termasuk mobile Subscriber Identity Module (SIM) dan e-money dengan registrasi secara otomatis.
M Cash juga melayani top up pulsa telepon, pembayaran tagihan rutin, mall-mart directory, iklan (co-branding), berbagai voucher dan bentuk promosi lainnya, flash sales points, transaksi e-commerce, dan berbagai produk digital lainnya.
Tahun ini, M Cash menargetkan memiliki 1.000 kios dan meningkat menjadi 10.000 kios pada 2020. Dalam tiga tahun terakhir, “Penjualan berhasil tumbuh 30,8% CAGR2Y menjadi Rp386,4 miliar pada 2016, dari Rp225,7 miliar pada 2014 menjadi Rp106,6 miliar per kuartal empat 2016,” ungkap Managing Director M Cash Integrasi Jahja Suryandy.
Posisi keuangan Perseroan saat ini berada dalam kondisi yang sangat sehat, mencatatkan posisi kas bersih sebesar Rp45,0 miliar per 30 April 2017.
Presiden Komisaris M Cash Integrasi Michael Steven menyatakan perseroan mampu menghadirkan teknologi sederhana tapi memberikan dampak sosial yang besar karena bisa memenuhi kebutuhan unbanked population yang mencapai ~80% dari jumlah penduduk.
“Saya percaya bahwa M Cash dapat membawa rasa kearifan lokal ke dalam ekosistem digital Indonesia sehingga menjadikan perseroan berbeda dengan perusahaan startup lainnya di Indonesia,” kata Michael. “IPO ini merupakan langkah awal perseroan untuk mewujudkan visinya sebagai digital distribution champion di Indonesia.”●
—Anwar Ibrahim, TechnoBusiness ID ● Foto-Foto: MCI