Pasar wearable global akan terus tumbuh signifikan.

Pasar wearable global 2020 tetap tumbuh dua digit meski terjadi pandemi COVID-19. Kok bisa?

Massachusetts, TechnoBusiness Insights • Pasar wearable global 2020 diperkirakan tumbuh dua digit. Perkiraan itu didasari atas pengiriman produk wearable ke seluruh dunia yang tahun ini mencapai 396 juta unit.

Baca Juga: Yummy Corp Raih Pendanaan Seri B Senilai US$12 Juta

Merujuk pada laporan IDC Worldwide Quarterly Wearable Device Tracker yang baru saja dirilis, jumlah pengiriman itu naik 14,5% dari 345,9 juta unit pada 2019.

Dalam beberapa tahun ke depan, pasar wearable global diyakini masih bakal tumbuh signifikan. IDC memperkirakan volume pengiriman secara tahunan gabungan (CAGR) antara 2019-2024 sebesar 12,4%.

Jika perkiraan itu tepat, maka total pengiriman wearable pada 2024 akan mencapai 637,1 juta unit.

Baca Juga: Microsoft Akuisisi ZeniMax Media Senilai US$75 Miliar


Pertumbuhan pasar wearable global itu memang cukup mengejutkan. Sebab, di masa pandemi COVID-19, banyak vendor yang menurunkan produksi dan pengguna akhir pun dikarantina.

Data: IDC, September 2020

Namun, pertumbuhan pasar wearable global didorong oleh tingginya permintaan alat bantu dengar (hearables) yang hampir mencapai rekor.

Permintaan yang meningkat itu dapat mengimbangi permintaan pasar terhadap jam tangan pintar (smartwatch) dan gelang pintar (wristband) yang sedikit lebih rendah.

Baca Juga: TikTok Indonesia: “3 Tahun, 30 Miliar Views per Bulan”

Selain perangkat, kinerja layanan pendukung wearable juga diyakini turut meningkat. Fitness + dari Apple, Halo milik Amazon, dan Fitbit Premium keluaran Fitbit, dirilis untuk memperkuat pasar wearable global.

Dengan layanan tersebut, pengguna dapat memaksimalkan perangkat wearable-nya untuk mengukur jarak tempuh lari, detak jantung, kalori yang terbuang, dan lain sebagainya.

“Perangkat dan layanan wearable yang dapat dikenakan akan berkembang bersama pada kuartal mendatang,” kata Ramon T. Llamas, Direktur Riset, Perangkat Seluler, dan AR/VR IDC.

Baca Juga: Ruten Japan Incar 13 Pasar Global, Termasuk Indonesia 

Produsen wearable juga meletakkan dasar yang memungkinkan beberapa perangkat dapat terhubung satu sama lain.

Pasar wearable global masih akan tumbuh sekalipun tahun ini terganggu oleh pandemi COVID-19.

Bayangkan, kata Jitesh Ubrani, Manajer Penelitian untuk IDC Mobile Device Trackers, hearables terhubung dengan metrik kesehatan wristband.

Itu sebabnya, pasar wearable global masih akan tumbuh sekalipun tahun ini terganggu oleh pandemi COVID-19.

Baca Juga: Taffware, Merek Lokal yang Agresif di Pasar Online

Bahkan, pada 2024, pasar wearable global telah tumbuh mendekati dua kali lipat yang ditandai dengan perkiraan pengiriman sebanyak 637,1 juta unit.•

Teks: TechnoBusiness Insights

Data: IDC, September 2020

Foto: Pixabay

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.


LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here