Pasar wearable global akan terus tumbuh signifikan.

Pasar wearable global tahun ini bakal bernilai US$81,5 miliar, naik dari US$69 miliar tahun lalu.

Jakarta, TechnoBusiness Insights • Pasar wearable global 2021 diproyeksikan bakal bernilai US$81,5 miliar atau naik 18,1% dari tahun sebelumnya yang bernilai US$69 miliar.

Produk-produk yang meramaikan pasar wearable global antara lain smartwatch (jam tangan pintar), wristband (gelang pintar), dan ear-worn (perangkat yang dikenakan di telinga).

Baca Juga: Nilai Penjualan E-commerce Global 2021 Dekati US$5 Triliun

Ada juga head-mounted display (kacamata pintar), smart clothing (pakaian pintar), dan smart patches (perangkat silikon untuk memasukkan dan memantau reaksi vaksin yang diberikan ke dalam tubuh).

Berdasarkan data yang disampaikan oleh periset pasar Gartner, Inc. (NYSE: IT) pada Selasa (12/1) pekan lalu, peningkatan nilai pasar wearable global itu tidak lepas dari adanya pandemi COVID-19.

Semakin banyaknya praktik kerja jarak jauh dan kebutuhan pemantauan kesehatan selama pandemi mendorong pertumbuhan pasar wearable di berbagai negara.


Baca Juga: Nilai Pasar Kopi Instan Global Capai US$34 Miliar

%title“Pengenalan langkah-langkah untuk melacak sendiri gejala COVID-19 serta meningkatnya minat konsumen pada kesehatan dan kebugaran selama lockdown berpeluang signifikan bagi pasar wearable global,” ungkap Senior Research Director Gartner Ranjit Atwal.

Selama 2020, perangkat ear-worn dan smartwatch mengalami pertumbuhan yang sangat kuat karena konsumen mengandalkan perangkat-perangkat itu untuk pekerjaan jarak jauh dan pelacakan kesehatan.


Pengeluaran pasar untuk perangkat earn-worn naik 124% menjadi US$32,7 miliar dan diperkirakan terus naik menjadi US$39,2 miliar pada 2021. Kebutuhan perangkat untuk bekerja jarak jauh telah meningkatkan nilai pasar.

Baca Juga: Pendapatan Box Office Global 2020 Parah, Cuma US$12,2 Miliar

Di antara kategori yang ada, ada smart patches. “Smart patches telah ada selama beberapa waktu, tetapi adopsinya cukup lambat karena peraturan yang ketat dan resistensi dari pengguna,” kata Atwal.

Sekarang, agar mudah membaca pertumbuhan pasar wearable global saat ini dan perkiraannya ke depan, ada baiknya Anda melihat data yang disuguhkan oleh Gartner seperti dalam tabel 1.•

Teks: TechnoBusiness Insights

Data: Gartner, Januari 2021

Foto: Pixabay

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here