ZeniMax Media segera diakuisisi Microsoft.

Microsoft mengakuisisi penerbit game terbesar di dunia, ZeniMax Media, demi menangkap peluang pasar game global.

California, TechnoBusiness • Setelah gagal mengakuisisi platform video musik pendek TikTok untuk pasar Amerika Serikat, raksasa perangkat lunak komputasi Microsoft Corporation (Nasdaq: MSFT) berencana mengakuisisi ZeniMax Media Inc.

Baca Juga: TikTok Indonesia: “3 Tahun, 30 Miliar Views per Bulan”

ZeniMax Media merupakan perusahaan induk dari pengembang dan penerbit game terbesar di dunia, Bethesda Softworks, yang berdiri pada 1999 dengan kantor pusat di Rockville, Maryland.

Tidak sedikit portofolio game yang berhasil diproduksi ZeniMax Media dan Bethesda Softworks, termasuk sukses mengisi blockbuster dan Xbox.

Berdasarkan kesepakatan yang diumumkan pada Senin (21/9), Microsoft akan mengakuisisi ZeniMax Media senilai US$7,5 miliar secara tunai.

TechnoBusiness Talks: “Pembersih Sampah Plastik Nirawak Inovasi Kami Meraih Penghargaan Internasional”


Microsoft menyadari betapa potensialnya pasar game ke depan. Pada 2021, misalnya, pendapatan industri game global mencapai lebih dari US$200 miliar.

Game adalah kategori yang paling luas dalam industri hiburan, karena orang di mana pun beralih ke game untuk terhubung, bersosialisasi, dan bermain dengan teman-teman mereka,” kata CEO Microsoft Sayta Nadella.

Akuisisi terhadap ZeniMax Media menjadikan pasar game Microsoft, yang selama ini disokong oleh Xbox, jauh lebih besar.

TechnoBusiness Talks: Hadi Kuncoro: E-commerce Perbanyak Barang Impor Itu Begini Hitung-Hitungannya…

“Ini saat yang luar biasa untuk menjadi penggemar Xbox,” kata Executive Vice President of Gaming Microsoft Phil Spencer. “Dalam 10 hari terakhir saja kami telah merilis detail tentang dua konsol baru kami.”

Akuisisi terhadap ZeniMax Media secara menyeluruh, termasuk Bethesda Softworks, Bethesda Game Studios, id Software, ZeniMax Online Studios, Arkane, MachineGames, Tango Gameworks, Alpha Dog, dan Roundhouse Studios, itu mencakup 2.300 karyawan di dalamnya.

Sementara itu, CEO ZeniMax Media Robert A. Altman menyatakan, “Ini adalah hari yang mendebarkan bagi perusahaan ini, karyawan kami, dan penggemar kami.”

Baca Juga: Ruten Japan Incar 13 Pasar Global, Termasuk Indonesia

ZeniMax Media telah menikmati kemitraan yang erat dengan Microsoft selama beberapa dekade dan, lanjut Altman, kesepakatan itu merupakan kemajuan yang alami atas kerja sama tersebut.

Atas kesepakatan akuisisi kedua perusahaan, “Pemenang terbesar hari ini adalah fans kami,” ujar Altman.•

—Philips C. Rubin, TechnoBusiness • Foto: ZeniMax Media

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.


LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here