Membayar GrabFood sudah bisa menggunakan LinkAja.

Setelah memperoleh komitmen investasi hingga US$100 juta dari Grab, kini LinkAja bisa dipakai untuk membayar GrabFood.

Jakarta, TechnoBusiness ID • Wow, kini membayar GrabFood, layanan pesan antar makanan dari Grab, platform offline to online terbesar di Asia Tenggara, bisa memakai LinkAja.

Baca Juga: Tingkatkan Pendapatan, Indosat Ooredoo Gandeng Comviva

LinkAja merupakan platform pembayaran digital hasil patungan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), anak perusahaan PT Telkom Indonesia Tbk. (IDX: TLKM), dengan bank-bank badan usaha milik negara (BUMN).

Bank-bank BUMN itu antara lain PT Bank Mandiri Tbk., PT Bank Rakyat Indonesia Tbk., dan PT Bank Negara Indonesia Tbk. Telkomsel memiliki 25%, sedangkan bank-bank tersebut masing-masing memiliki 20% saham.

Bulan lalu, Link Aja semakin tangguh karena mendapat komitmen investasi Seri B hingga senilai US$100 juta dari beberapa investor, yakni Telkomsel, BRI Ventures, dan Mandiri Capital Indonesia, yang dipimpin Grab.

Baca Juga: Transaksi Cyber Monday Amazon 2020 Turun 14%, Kok Bisa?


“Grab memimpin tahapan Seri B ini selaku pemegang saham minoritas. Ini adalah pertama kalinya LinkAja menerima investasi dari perusahaan swasta yang merupakan perusahaan teknologi besar,” tulis Grab dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (10/11).

Komitmen investasi itu akan dimanfaatkan untuk mengakselerasi pertumbuhan LinkAja di pasar pembayaran digital nasional—yang saat ini LinkAja memiliki sekitar 58 juta pengguna terdaftar, 80%-nya berada di kota-kota tier 2 dan 3 di seluruh Indonesia.

Tidak sampai sebulan, upaya akselerasi pertumbuhan hasil kemitraan strategis antara Grab dan LinkAja itu telah nyata adanya. Kini, dalam pengumuman perusahaan pada Senin (7/12), pengguna aplikasi Grab bisa membayar GrabFood menggunakan LinkAja.

Baca Juga: Bukalapak Luncurkan Layanan Pengiriman Barang BukaExpress


Walaupun, LinkAja sebelumnya juga sudah masuk dalam ekosistem Grab sebagai mitra pengisian sumber dana pada layanan GrabBike, GrabCar, dan GrabExpress.

Direktur Utama LinkAja Haryati Lawidjaja mengatakan masuknya LinkAja ke dalam ekosistem Grab sebagai mitra pembayaran merupakan wujud kerja sama strategis dalam memperluas dan memperkuat ekosistem digital yang dimiliki.

“Ini juga merupakan bentuk komitmen kami untuk memberikan kemudahan kepada para pengguna untuk dapat menikmati layanan keuangan digital dalam menenuhi kebutuhan esensial masyarakat,” kata Haryati.

Baca Juga: Telin Luncurkan Bursa Konektivitas Digital Neutrafix

Kebutuhan esensial masyarakat yang dimaksud Haryati, yaitu mulai dari transportasi hingga layanan pesan antar makanan. Semua kebutuhan itu bisa dipenuhi menggunakan Grab dan LinkAja.

Meski begitu, LinkAja hanyalah sebuah pilihan di ekosistem Grab. Sebab, selama ini Grab telah lebih dulu bermitra dengan Ovo, salah satu platform pembayaran digital terbesar di Indonesia.•

—Anwar Ibrahim, TechnoBusiness ID • Foto: LinkAja

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TV. Jangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here