Pelaku industri pariwisata di Indonesia semakin melirik ranah digital.

Semakin hari semakin banyak pelaku industri pariwisata di Tanah Air yang berekspansi ke kanal e-commerce.  

Jakarta, TechnoBusiness ID • Di tengah pandemi, ternyata banyak pelaku industri pariwisata yang berekspansi ke kanal e-commerce. Hal itu terungkap saat peluncuran “Blibli Travel & UMKM Fest” pada Kamis pekan lalu.

Baca Juga: Nilai Paten ZTE Saat Ini Lebih dari Rp100,6 Triliun

Blibli, salah satu e-commerce terkemuka di Tanah Air, mengungkap bahwa jumlah pelaku industri pariwisata yang berekspansi ke kanal e-commerce pada kuartal 1/2021 meningkat 50% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Sudah bisa ditebak, ekspansi para pelaku industri pariwisata ke kanal e-commerce itu tentu saja untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Apalagi, pasar sekarang sudah semakin gadget minded.

Hasilnya, menurut Lay Ridwan Gautama, EVP of Digital, Automotive, & Travel Category Blibli, masuknya pelaku-pelaku industri pariwisata ke kanal e-commerce telah mendongkrak jumlah produk wisata yang ditawarkan.

Baca Juga: Mengungkap Strategi AWS Indonesia dalam Menggaet Pelanggan



“Jumlah produk wisata yang ditawarkan meningkat empat kali lipat dibanding tahun lalu,” katanya. “Produknya juga kian variatif seperti virtual tour hingga kupon perjalanan.”


Itu menunjukkan bahwa banyak pelaku industri pariwisata yang menyadari pentingnya transformasi digital, terutama untuk menghadapi pandemi COVID-19.


Blibli pun memberikan wadah kepada para pelaku industri pariwisata, termasuk agen perjalanan, dengan menghadirkan kategori Galeri Indonesia.


Baca Juga: Inavoice: “Kami Punya 200 Voice Over Talent dari 30 Negara”

Lay Ridwan mengatakan produk wisata yang ditawarkan melalui kategori Galeri Indonesia Blibli pun tumbuh tujuh kali lipat jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Kini, selama 16-30 April, Blibli mengadakan program Blibli Travel & UMKM Fest untuk menawarkan pilihan destinasi dan paket wisata yang lebih banyak kepada masyarakat.


Setidaknya, kata Lay Ridwan, lebih dari 90.000 pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif berpartisipasi dalam program Blibli Travel & UMKM Fest tersebut.•

—Anwar Ibrahim, TechnoBusiness ID • Foto: Blibli


Tekan “tombol lonceng” di sisi kiri layar Anda untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dari TechnoBusiness lebih cepat. 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TV. Jangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here