Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro sedang menjelaskan soal SKLO jaringan 5G Telkomsel.

Telkomsel resmi menjadi operator pertama yang menggelar jaringan 5G di Tanah Air.

Jakarta, TechnoBusiness ID • PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), operator telekomunikasi digital terkemuka di Indonesia, resmi menjadi operator pertama yang menggelar jaringan 5G di Tanah Air.

Baca Juga: Kinerja ICS Compute Tumbuh Cepat Berkat AWS

Kepastian itu diperoleh setelah hari ini Telkomsel menerima Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) jaringan 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Menurut Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro, SKLO yang diterbitkan Kementerian Kominfo tertanggal 21 Mei lalu itu menjadi bukti sah dan resmi Telkomsel memenuhi seluruh persyaratan yang berlaku.


“Dan, menjadi operator pertama yang dapat mengoperasikan jaringan 5G secara komersial di Indonesia,” ungkap Setyanto. “Kami mengapresiasi atas kepercayaan Bapak Menteri dan jajarannya.”


Setelah mendapat SKLO, Telkomsel langsung akan meluncurkan jaringan 5G-nya pada 27 Mei yang diikuti dengan peluncuran di Jabodetabek, Solo, Medan, Balikpapan, Denpasar, Surabaya, Makassar, dan Bandung.



Baca Juga: Investor Bitcoin Nangis Darah! Beli US$63.000, Jual US$31.000

Sejak dinyatakan menjadi pemenang lelang frekuensi 2,3 GHz dan memperoleh alokasi tambahan 20 GHz oleh Kementerian Kominfo, Telkomsel bergerak cepat dalam mengakselerasi jaringan 5G.


“Penggelaran jaringan 5G perdana di Indonesia ini juga merupakan buah hasil Kementerian Kominfo dalam beberapa tahun terakhir,” ungkap Menteri Kominfo Johnny G. Plate hari ini.•

—Anwar Ibrahim, TechnoBusiness ID • Foto: Telkomsel


Tekan “tombol lonceng” di sisi kiri layar Anda untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dari TechnoBusiness lebih cepat. 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TV. Jangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here