Connect with us

TechnoBusiness News

Platform Rekrutmen Xopa AI Raih Pendanaan Seri A US$4,2 Juta

Xopa AI, platform rekrutmen global asal Singapura, meraih pendanaan Seri A senilai US$4,2 juta.

Published

on

Xopa AI yang didirikan di Singapura kini telah merambah ke banyak negara.

Singapore, TechnoBusiness SG Xopa AI, platform rekrutmen tenaga kerja berteknologi AI, baru saja meraih pendanaan Seri A senilai US$4,2 juta dari sejumlah investor yang dipimpin oleh ICCP SBI Venture Partners.

Investor-investor yang turut dalam pendanaan itu, antara lain Seeds Capital, AI8 Ventures, Xcel Next Ventures, dan SASV Investments. Pendanaan itu diperoleh Xopa AI setelah berhasil mencatatkan pertumbuhan signifikan di pasar-pasar baru.

Baca Juga: Blume Global Akuisisi LiveSource, Perluas Pasar Teknologi Logistik

Selain itu, Xopa AI juga sukses meluncurkan inovasi berbentuk platform rekrutmen inklusif yang penuh terobosan. Inovasi itu melengkapi produk-produk Xopa AI yang didukung AI dan dikembangkan pada teknologi Microsoft Azure.

Advertisement

Xopa AI didirikan oleh Nina Alag Suri, pendiri dan CEO firma pencari eksekutif global Nastrac Group, bersama profesor National University of Singapore Dr. Jussi Keppo di Singapura pada 2017.

Dalam perkembangannya, kini Xopa AI telah memiliki kantor perwakilan di seluruh Asia Pasifik, India, Inggris, dan Uni Emirat Arab. Xopa AI berhasil mengalihkan proses rekrutmen manual ke digital dan meningkatkan inklusi dalam industri perekrutan.

Xopa AI menawarkan platform rekrutmen berbasis teknologi AI yang menghilangkan bias.

Keberhasilan itu berkat algoritma, machine learning, dan robotic process automation yang dimanfaatkan oleh Xopa AI dalam menjalankan platformnya. Menurut Nina yang bertindak sebagai CEO Xopa AI, itu yang membedakannya dengan yang lain.

Baca Juga: Kopi Kenangan Jadi Unicorn Baru Usai Disuntik US$96 Juta

“Terobosan Xopa AI menghasilkan tempat kerja yang lebih beragam dan hasil rekrutmen yang lebih baik. Kami juga akan terus memanfaatkan algoritma canggih dan otomatisasi cerdas agar seluruh proses rekrutmen menjadi efisien,” ujarnya.

Advertisement

Xopa AI juga mampu menghilangkan bias dan subjektivitas dalam proses perekrutan sekaligus menghemat waktu dan biaya secara drastis. Yang terpenting, kata Nina, menjamin kesesuaian antara perusahaan dengan kandidat yang direkrut.

Selain kinerjanya yang bagus, ICCP SBI Venture Partners bersedia memimpin pendanaan karena Xopa AI dalam menjalankan bisnisnya telah memanfaatkan teknologi mutakhir, khususnya machine learning dan big data.

Baca Juga: Lenna.AI Juarai Indonesia Edge.AI Challenge Synnex Metrodata

Managing Director ICCP SBI Ventures Miguel Encarnacion mengatakan kemajuan teknologi dan daya komputasi telah menjadi dasar penggunaan big data dan machine learning sebagai cara untuk mengurangi bias kognitif dalam rekrutmen.

“Kami gembira dapat membantu Xopa AI dalam membangun platform rekrutmen canggih dan hemat biaya seta berdampak positif bagi masyarakat,” katanya. Kini, Miguel menjadi Dewan Direksi Xopa AI seiring keterlibatan ICCP SBI Venture Partners pada masa depan Xopa AI.

Advertisement

—Michael T. Kheilton, TechnoBusiness SG Foto: Xopa AI