Connect with us

TechnoBusiness News

Honda dan Sony Bentuk Perusahaan Patungan Sony Honda Mobility

Honda dan Sony berkolaborasi membentuk perusahaan patungan bernama Sony Honda Mobility demi menyambut tren kendaraan listrik global.

Published

on

Para petinggi Honda Motor Company dan Sony Group Corporation berjabat tangan saat mengumumkan Sony Honda Mobility di Tokyo belum lama ini.

Tokyo, TechnoBusiness JP Dua perusahaan raksasa multinasional asal Jepang yang sama-sama berpusat di Minato, Tokyo, yakni Honda Motor Company Ltd (TYO: 7267) dan Sony Group Corporation (TYO: 6758), resmi membentuk perusahaan patungan bernama Sony Honda Mobility.

Baca Juga: WIR Group Bangun Platform Metaverse 22 Negara Mediterania

Perusahaan patungan itu dihadirkan sebagai upaya untuk mendukung penjualan kendaraan listrik (electric vehicle) dan penyediaan jasa untuk menunjang kebutuhan mobilitas di masa depan. Juga, akan menghasilkan teknologi terdepan dalam hal produk, lingkungan, dan keselamatan.

Dalam pengumuman perusahaan yang disampaikan pada Kamis (16/6), Honda dan Sony mengucurkan investasi senilai total ¥10 miliar dengan masing-masing bagian yang sama, yakni Honda memiliki rasio kepemilikan 50% dan Sony juga 50%.

Advertisement

Honda dan Sony mengucurkan investasi senilai ¥10 miliar dengan kepemilikan 50%:50%.

Toshihiro Mibe, Presiden dan CEO Honda Motor, megatakan Honda yakin dengan pengalaman dan kapabilitas Sony yang ahli di bidang telekomunikasi, jaringan, dan teknologi yang menunjang mobilitas masyarakat sehari-hari yang sejalan dengan visi dan misi Honda.

“Berdasarkan visi kami, Sony mempunyai inisiatif dalam bisnis mobilitas yang berpusat di tiga bidang, yaitu keselamatan, hiburan, dan kemampuan beradaptasi,” sambung Kenichiro Yoshida, Chairman, Presiden, dan CEO Sony Group Corporation menambahkan.

Baca Juga: Pasar Smartphone Indonesia Anjlok 17,3%, Oppo “Turun Tahta”

Kolaborasi antara Honda dan Sony membentuk Sony Honda Mobility itu dimulai dengan penandatanganan nota kesepahaman pada Maret lalu. Sony Honda Mobility akan beroperasi tahun ini dan ditargetkan memproduksi dan menjual kendaraan listrik secara global pada 2025.

Honda Motor sendiri pada pertengahan April lalu mengumumkan akan meluncurkan 30 model mobil listrik secara bertahap hingga 2030. Model-model itu, mulai dari segmen mini-EV komersial sampai segmen premium, dengan target produksi lebih dari 2 juta unit per tahun.

Advertisement

—Akihiro Arata, TechnoBusiness JP Foto: Honda Motor Co