Connect with us

TechnoBusiness News

Multipolar Technology Tawarkan Solusi IBM Turbonomic, Apa Fungsinya?

Multipolar Technology menawarkan solusi Application Resources Management IBM Turbonomic ke pasar Indonesia.

Published

on

(Dari kiri ke kanan) Jip Ivan Sutanto, Director Enterprise Application Services Business PT Multipolar Technology Tbk, sedang berbincang dengan Hansen Panjaitan, Senior Software Engineer PT Multipolar Technology Tbk, di sela-sela seminar bertema “Automating IT Operations to Assure Application Performance and Optimization” di The Langham Hotel, Jakarta, Selasa (28/6).

Jakarta, TechnoBusiness ID PT Multipolar Technology Tbk. (IDX: MLPT), anak perusahaan PT Multipolar Tbk. (IDX: MLPL) yang berperan sebagai mitra dalam mendukung pengembangan otomasi TI perusahaan di berbagai sektor, menawarkan solusi IBM Turbonomic.

IBM Turbonomic merupakan solusi Application Resources Management (ARM) keluaran IBM (NYSE: IBM) asal Armonk, New York, yang membantu mengelola dan menjamin resources yang dibutuhkan berbagai aplikasi secara otomatis sehingga dapat terus bekerja optimal.

Baca Juga: Penyaluran Kredit Fintech Lending per April 2022 Capai Rp362,19 Triliun

Jip Ivan Sutanto, Director Enterprise Application Services Business Multipolar Technology, menjelaskan bahwa IBM Turbonomic dapat memastikan kesesuaian resources yang dibutuhkan aplikasi secara otomatis, baik yang berjalan di on-premise maupun public cloud.

Advertisement

“Solusi ini juga mampu memonitor kinerja pada setiap lapisan aplikasi perusahaan,” katanya dalam seminar bertema “Automating IT Operations to Assure Application Performance and Optimization” di The Langham Hotel, Jakarta, Selasa (28/6).

Kelebihan selanjutnya, IBM Turbonomic dapat menunjukkan bottleneck pada resources dan memberikan rekomendasi sederhana sehingga memudahkan tim TI perusahaan dalam menganalisis isu yang tejadi sebelum melakukan penanganan.

IBM Turbonomic mampu memastikan kesesuaian resources yang dibutuhkan aplikasi secara otomatis.

Selain itu, IBM Turbonomic juga sanggup mengelola resources, mulai dari virtual CPU, virtual memory, pods, containers, hingga database, yang bisa dikolaborasikan dengan platform Application Performance Management lain seperti IBM Instana, Dynatrace, dan AppDynamics.

Baca Juga: ViewSonic Kokoh Pimpin Pasar Interactive Display di Indonesia

“Kemampuan itu memudahkan tim TI untuk memonitor dan mengelola kesesuaian resources terhadap persyaratan aplikasi secara aman tanpa mengorbankan kinerja aplikasi,” jelas Jip. “Dengan begitu, operasional bisnis dan layanan dapat berjalan dengan baik sehingga pengalaman pelanggan menjadi meningkat.”

Advertisement

Seperti diketahui, di era digital seperti sekarang ini, perusahaan dituntut untuk beroperasi serba-cepat dan serba-praktis dalam mendorong kinerja dan layanannya. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan berbagai aplikasi bisnis.

Namun, aplikasi tak akan berjalan maksimal jika tidak didukung oleh solusi ARM. Penggunaan solusi ARM diperlukan untuk memastikan aplikasi-aplikasi mendapatkan resources yang dibutuhkan, mengidentifikasi kapan dan berapa banyak resources yang harus digunakan, serta melakukan perencanaan yang akurat dalam melakukan perubahan kapasitas.

Bukan hanya itu, tim TI mesti mampu melakukan simulasi perubahan kapasitas yang aman sebelum menerapkan perubahan. Dan, yang tidak kalah penting, sanggup menanggapi dengan cepat isu kinerja yang timbul dengan mengidentifikasi sumber masalah dan menanganinya dengan tepat.

Jip Ivan mengungkapkan bahwa Multipolar Technology menawarkan solusi IBM Turbonomic ke perusahaan-perusahaan di Indonesia karena memiliki berbagai kelebihan itu yang pada akhirnya berdampak positif pada keuangan perusahaan.

Baca Juga: Jumlah Pengguna Duolingo di Indonesia Naik 40% dalam Setahun

Berdasarkan laporan hasil penelitian Forrester, penggunaan solusi IBM Turbonomic berdampak pada pengurangan belanja infrastruktur TI perusahaan sebesar 75%, pengurangan pengeluaran public cloud sebesar 33%, dan persentase karyawan yang mendapat manfaat dari peningkatan kinerja aplikasi sebanyak 80% dalam tiga tahun berikutnya.

Advertisement

—Purjono Agus Suhendro, TechnoBusiness ID Foto: Multipolar Technology