Connect with us

TechnoBusiness News

ICS Compute Jadi Mitra Lokal Pertama Peraih DevOps Competency dari AWS

ICS Compute berhasil meraih predikat DevOps Competency dari AWS.

Published

on

Tim ICS Compute, perusahaan sistem integrator yang fokus pada layanan cloud computing di Indonesia, berbasis di Jakarta.

Jakarta, TechnoBusiness ID Di era digital seperti sekarang ini, terutama sejak pandemi terjadi, perusahaan-perusahaan dituntut untuk bertransformasi ke sistem digital secara cepat. Karena itu, berdasarkan data firma riset pasar Global View Research, nilai pasar transformasi digital global diyakini bakal tumbuh secara signifikan dari yang tercatat pada 2021 sebesar US$608 miliar.

Dan, dalam lingkup transformasi digital itu terdapat beragam layanan, salah satunya DevOps atau singkatan dari Development and Operations. Yang menarik, ada satu perusahaan yang berhasil memperoleh predikat DevOps Competency pertama di Indonesia dari perusahaan raksasa cloud Amazon Web Services (AWS), yakni PT Innovation Cloud Services (ICS Compute).

Baca Juga: CEO Huawei: Teknologi Digital Tak Dapat Selesaikan Masalah Teoretis

ICS Compute, yang Desember ini baru berusia lima tahun, sudah turut meramaikan pasar layanan DevOps yang menurut Allied Market Reserch secara global bernilai US$6,78 miliar pada 2020. “DevOps merupakan salah satu layanan krusial dalam proses transformasi digital,” kata Budhi Wibawa, CEO ICS Compute, di Jakarta, Rabu (7/12).

Advertisement

Layanan DevOps

Di Indonesia, tren peningkatan digitalisasi perusahaan pun melaju cukup masif. Karena itu, dibantu oleh sejumlah tim ahli (expert team) di bidang cloud computing yang dimiliki, ICS Compute sanggup membantu perusahaan-perusahaan di berbagai sektor untuk melakukan transformasi digital berbasis cloud computing.

Suasana kerja suatu siang di kantor ICS Compute, Kuningan, Jakarta Selatan.

Budhi menyebutkan, beberapa layanan yang ditawarkan ICS Compute cukup beragam, mulai dari migrasi beban kerja dari on-premise kesistem cloud, migrasi SAP, modernisasi aplikasi, penggunaan data analytics, pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), hingga pengembangan DevOps.

“Itu selaras dengan visi kami, yaitu Re-Invent and Go-Beyond, di mana ICS Compute ingin membawa berbagai inovasi terkini dengan menggunakan solusi cloud computing sekaligus memaksimalkan fungsi advanced dari cloud computing itu sendiri, bukan hanya sebagai infrastruktur teknologi informasi semata,” katanya.  

Layanan DevOps menjadi salah satu pilar krusial dalam proses transformasi digital.

Untuk diketahui, layanan DevOps (Development and Operations) menjadi salah satu pilar krusial dalam proses transformasi digital bagi banyak perusahaan. Sebab, layanan tersebut mampu mengautomasi sistem bisnis, mempercepat proses deployment-nya, dan memudahkan penanganan troubleshooting jika ada.

“Sebagai AWS Partner Network yang memiliki kompetensi di bidang layanan DevOps, komitmen kami terhadap pelanggan cukup besar. Hal itu dapat dilihat dari seluruh karyawan yang terlibat 100% sudah tersertifikasi,” kata Budhi. Pelanggan ICS Compute tersebar di berbagai sektor, mulai dari perusahaan start-ups, small medium business, hingga enterprise berskala nasional.

Advertisement

Baca Juga: Indonet Pilih Juniper Apstra untuk Permudah Otomatisasi Jaringan

Tidak puas dengan keahlian itu saja, Budhi mengatakan bahwa ke depan, ICS Compute akan mengejar beberapa kompetensi lainnya agar dapat memberikan layanan yang komprehensif dan ter-update.

Dengan begitu, pasar Indonesia, mulai dari perusahaan kecil hingga besar, tidak tertinggal dengan perkembangan teknologi global yang memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi penggunanya.

—Vino Darmawan, TechnoBusiness ID Foto: ICS Compute

Advertisement