Connect with us

TechnoBusiness News

Large Language Models Bahasa Indonesia Mulai Dikembangkan

BRIN, KORIKA, Glair.ai, Datasaur.ai, dan AI Singapore bekerja sama untuk mengembangan LLM bahasa Indonesia.

Published

on

Petinggi BRIN, Glair.ai, Datasaur.ai, dan AI Singapore mendatangani kerja sama untuk mengembangkan LLM bahasa Indonesia di Jakarta, Kamis (30/11). ● Foto: GDP Venture

Jakarta, TechnoBusiness ID Belakangan ini, teknologi Large Languange Models (LLM), inovasi terbaru dari Natural Language Process (NLP) seperti yang ditawarkan ChatGPT dari OpenAI dan Bard dari Google, kian populer karena kemampuannya menjelaskan beragam topik mirip manusia.

TechnoBusiness News: SAS Jadikan Tech Data Mitra Distribusi untuk Pasar Regional Asia

Sayangnya, beragam platform masih terbatas pada layanan menggunakan bahasa Inggris, sedangkan bahasa lainnya, termasuk bahasa Indonesia, sangat sedikit. Fakta itulah yang mendorong Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menginisiasi pengembangan LLM bahasa Indonesia.

Tidak sendiri, dalam pengembangan itu BRIN bekerja sama dengan Kolaborasi Riset & Inovasi Kecerdasan Artificial (KORIKA), Glair.ai dan Datassaur.ai (dua portofolio GDP Venture), dan AI Singapore (AISG). Kesepakatan kerja sama ditandangani di Jakarta pada Kamis (30/11).

Advertisement

Dr. Esa Prakasa, MT, Kepala Pusat Riset Sains Data dan Informasi Organisasi Riset Elektronika dan Informatika BRIN, mengatakan, adopsi LLM bahasa Indonesia dapat meningkatkan kualitas dan efisiensi penelitian, aksesibilitas publik, dan lain sebagainya.

“Dengan kerja sama yang kuat antara Glair.ai, Datasaur.ai, BRIN, KORIKA, dan AISG dalam pengembangan LLM bahasa Indonesia diharapkan dapat menjadi fondasi yang kokoh dalam menciptakan model bahasa inovatif yang mampu mendorong kemajuan teknologi,” ujarnya.

TechnoBusiness News: 10 Istilah AI yang Perlu Anda Ketahui Menurut Microsoft

AISG digandeng karena pengembang LLM terbuka itu telah memiliki platform SEA-LION. Menurut On Lee, CTO GDP Venture, platform SEA-LION digunakan untuk kemudian disesuaikan dengan konteks Indonesia, salah satunya berupa LLM bahasa Indonesia terbuka yang komprehensif.

“Inisiatif ini menjanjikan manfaat seperti pengurangan biaya operasional, peningkatan pendapatan dan produktivitas, serta kolaborasi manusia dan AI yang efektif, yang akhirnya berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan kemajuan teknologi di Tanah Air,” katanya.

Advertisement

—Purjono Agus Suhendro, TechnoBusiness ID