Connect with us

TechnoBusiness News

HSBC Luncurkan ASEAN Growth Fund Senilai US$1 Miliar

HSBC mengucurkan pendanaan ASEAN Growth Fund senilai US$1 miliar.

Published

on

Managing Director Wholesale Banking HSBC Indonesia Riko Tasmaya (kanan), Deputi Bidang Promosi Investasi Kementerian Investasi/BKPM Nurul Ichwan, Presiden Direktur HSBC Indonesia Francois de Maricourt, Head of Communications & Corp. Sustainability HSBC Indonesia Ariavita Purnamasari (kiri), dalam peluncuran HSBC ASEAN Growth Fund di Jakarta, Rabu (27/3).

Jakarta, TechnoBusiness ID HSBC, bank terkemuka global asal London, Inggris, meluncurkan ASEAN Growth Fund senilai US$1 miliar. Sesuai namanya, dana pertumbuhan itu bertujuan untuk mengakselerasi ekspansi perusahaan-perusahaan digital di Asia Tenggara.

TechnoBusiness News: Visa Token Service Dongkrak Perdagangan Digital US$2 Miliar

Seperti diketahui, saat ini Asia Tenggara merupakan kawasan dengan perekonomian digital yang paling tumbuh di dunia. Jika pada 2023 nilai pasarnya sebesar US$218 miliar, pada akhir dekade ini diperkirakan akan naik menjadi US$600 miliar (CAGR 16%).

“Kami sangat antusias dengan berkembangnya ekonomi digital di ASEAN, termasuk Indonesia,” kata Francois de Maricourt, Presiden Direktur HSBC Indonesia. “Dengan nilai ekonomi digital regional yang mencapai US$360 miliar pada 2030, Indonesia berperan sebagai pusat pertumbuhannya.”

Advertisement

ASEAN Growth Fund diluncurkan oleh HSBC untuk membantu pendanaan perusahaan-perusahaan yang mengincar ekspansi ke pasar Asia Tenggara, terutama yang bergerak di sektor ekonomi baru (new economy) serta korporasi non-bank seperti start-up.

TechnoBusiness News: Raih Investasi US$1,6 Juta, Blitz Percepat Ekspansi Logistik EV

Maricourt mengungkapkan bahwa HSBC memiliki sejarah panjang selama 140 tahun di Indonesia dalam mendukung pebisnis dan dunia usaha untuk berkembang pesat. Peluncuran ASEAN Growth Fund memungkinkan HSBC mendukung perusahaan-perusahaan ekonomi baru di kawasan ini.

—Purjono Agus Suhendro, TechnoBusiness ID

Advertisement