Connect with us

E-Commerce

Omzet Single Day Alibaba “Salip” Canton Fair

Published

on

Hangzhou, TechnoBusiness ● Ada yang menarik dari pagelaran festival belanja online di China kemarin.

Dalam Global Shopping Festival 2018 pada 11 November, atau yang lebih dikenal dengan Single Day, Alibaba membukukan penjualan senilai US$30,8 miliar.

Baca Juga: Alibaba Raup US$30,8 Miliar dari Single Day

Tahukah Anda bahwa ternyata penjualan sehari Alibaba itu justru lebih besar jika dibandingkan dengan omzet pameran konvensional Canton Fair.

Advertisement

Menurut China Foreign Trade Centre, China Import and Export Fair alias Canton Fair 2018 ditutup dengan nilai penjualan sebesar ¥206,5 miliar atau senilai US$29,8 miliar.

Nilai penjualan Single Day Alibaba yang hanya sehari lebih besar dibanding omzet pameran konvensional Canton Fair selama tiga minggu .

Padahal, Canton Fair telah berjalan 124 kali dan tahun ini digelar sejak 15 Oktober-4 November, tidak berapa lama sebelum Single Day Alibaba diadakan.

Deputy Director General China Foreign Trade Centre Xu Bing mengatakan keberagaman pembeli global membantu berbagai perusahaan agar bisa mengonsolidasikan pasar-pasar konvensional.

Akan tetapi, nilai yang diciptakan Canton Fair tahun ini itu juga lebih besar dibanding tahun sebelumnya. Angka tersebut disumbangkan oleh 189.812 pembeli dari 215 negara.

Selain itu, juga menjajaki pasar-pasar berkembang dan potensial serta meningkatkan tata letak mereka di pasar internasional,” ungkap Bing dalam penjelasan resminya di Guangzhou, Minggu (11/11).

Baca Juga: Jangan Terbujuk “Setan Diskon” 11.11

Advertisement

Omzet terbesar diperoleh dari penjualan produk permesinan dan elektronik, yang mencapai US$16,187 miliar. Produk-produk industri berbobot ringan mengikuti dengan omzet US$7,299 miliar.

Dalam pameran yang diikuti oleh peritel-peritel utama dunia seperti Wal-mart, Costco, Kroger, dan lain-lain itu, produk tekstil dan busana menyumbang omzet sebesar US$1,514 miliar.●

—Zhang Ju, TechnoBusiness ● Foto: Canton Fair

 

Advertisement