Published
6 years agoon
Hangzhou, TechnoBusiness ● Ada yang menarik dari pagelaran festival belanja online di China kemarin.
Dalam Global Shopping Festival 2018 pada 11 November, atau yang lebih dikenal dengan Single Day, Alibaba membukukan penjualan senilai US$30,8 miliar.
Baca Juga: Alibaba Raup US$30,8 Miliar dari Single Day
Tahukah Anda bahwa ternyata penjualan sehari Alibaba itu justru lebih besar jika dibandingkan dengan omzet pameran konvensional Canton Fair.
Menurut China Foreign Trade Centre, China Import and Export Fair alias Canton Fair 2018 ditutup dengan nilai penjualan sebesar ¥206,5 miliar atau senilai US$29,8 miliar.
Nilai penjualan Single Day Alibaba yang hanya sehari lebih besar dibanding omzet pameran konvensional Canton Fair selama tiga minggu .
Padahal, Canton Fair telah berjalan 124 kali dan tahun ini digelar sejak 15 Oktober-4 November, tidak berapa lama sebelum Single Day Alibaba diadakan.
Deputy Director General China Foreign Trade Centre Xu Bing mengatakan keberagaman pembeli global membantu berbagai perusahaan agar bisa mengonsolidasikan pasar-pasar konvensional.
Akan tetapi, nilai yang diciptakan Canton Fair tahun ini itu juga lebih besar dibanding tahun sebelumnya. Angka tersebut disumbangkan oleh 189.812 pembeli dari 215 negara.
Selain itu, juga menjajaki pasar-pasar berkembang dan potensial serta meningkatkan tata letak mereka di pasar internasional,” ungkap Bing dalam penjelasan resminya di Guangzhou, Minggu (11/11).
Baca Juga: Jangan Terbujuk “Setan Diskon” 11.11
Omzet terbesar diperoleh dari penjualan produk permesinan dan elektronik, yang mencapai US$16,187 miliar. Produk-produk industri berbobot ringan mengikuti dengan omzet US$7,299 miliar.
Dalam pameran yang diikuti oleh peritel-peritel utama dunia seperti Wal-mart, Costco, Kroger, dan lain-lain itu, produk tekstil dan busana menyumbang omzet sebesar US$1,514 miliar.●
—Zhang Ju, TechnoBusiness ● Foto: Canton Fair
Gila! Canton Fair Complex, Sudah Luas Masih Diperluas…
3,31 Juta Produk Dipamerkan, Canton Fair Pecahkan Rekor
Festival Belanja Global 11.11 Alibaba Bukukan US$84,54 Miliar
Meski Pandemi, Canton Fair Tahun Ini Tetap Sukses Besar
Canton Fair 2020 Digelar Secara Virtual, Ini Website-nya
Pengguna Alibaba Mencapai 674 Juta Orang
Ternyata Pria Lebih Gila Belanja
Alibaba Raup US$30,8 Miliar dari Single Day
Jegal Amazon, Alibaba Tambah US$2 Miliar ke Lazada