Connect with us

ICT

Pasar Robot Cerdas Global Bernilai US$12,36 Miliar pada 2023

Published

on

Dublin, TechnoBusiness ● Pasar robot dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) aneka tipe penggunaan secara global tahun ini diperkirakan mencapai US$3,49 miliar.

Baca Juga: Mengenal Keunggulan Teknologi Sprint Digital 360

Seiring berkembangnya teknologi dan kebutuhan pasar, nilai itu diproyeksikan bakal melonjak drasis menjadi US$12,36 miliar atau tumbuh tahunan rata-rata (CAGR) sebesar 28.78%.

Perusahaan riset pasar ResearchAndMarkets yang berbasis di Dublin, Irlandia, menyebutkan penggunaan robot pribadi untuk hiburan dan sejenisnya telah mendongkrak pertumbuhan pasar robot cerdas di seluruh negara.

Advertisement

Machine learning (mesin pembelajaran) diprediksi memegang pangsa pasar terbesar robot cerdas selama periode perkiraan. Aplikasi militer dan pertahanan juga berperan besar dalam menggenjot pertumbuhan pasar, terutama di Amerika dan Eropa.

Namun, pasar terbesar robot AI tahun ini adalah Asia Pasifik, yang dikontribusi oleh China, Jepang, dan Korea Selatan. Sama seperti di Amerika dan Eropa, permintaan robot cerdas untuk machine learning dan aplikasi militer-pertahanan di wilayah ini juga meningkat.

—Anil Taba, TechnoBusiness ● Foto-Foto: Istimewa

 

Advertisement