Published
8 years agoon
Shopee, salah satu mobile marketplace terkemuka di Asia Tenggara, menggelar pesta belanja online Shopee 10.10-Mobile Shopping Day di Indonesia. Dinamakan Mobile Shopping Day karena memang diadakan menggunakan aplikasinya. Hari belanja itu digelar sejak 3-10 Oktober 2016 dan ditargetkan menjadi yang terbesar dalam kategori mobile sopping.
Untuk menarik konsumen, Shopee akan memberikan diskon harga hingga 90%. “Shopee ingin menjadikan 10 Oktober sebagai sebuah pencapaian penting yang memperlihatkan awal dari sebuah era baru di mana kita dapat berbelanja secara bebas di mana pun, kapan pun melalui perangkat mobile,” ujar Chris Feng, CEO Shopee, di Jakarta, kemarin.
Shopee optimistis kampanye Shopee 10.10-nya akan berhasil karena transaksi jual-beli via mobile commerce saat ini telah tumbuh signifikan. Berdasarkan data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, pembelian melalui mobile commerce dari 2014 ke 2015 tumbuh 164%. Persentase itu sudah jauh lebih besar dibanding pertumbuhan transaksi via website yang hanya tercatat 32%.
Chris menambahkan, “Kami menyadari bahwa terdapat banyak permintaan untuk menjadikan komunikasi, interaksi, dan kebutuhan sosial lainnya berpindah pada perangkat mobile. Fungsi in-app chat yang terdapat pada Shopee memungkinkan komunikasi terjadi secara real-time antara penjual dan pembeli. Sejauh ini, terdapat lebih dari 120 juta chat yang telah dikirim oleh pengguna Shopee dari Indonesia.”
Menanggapi rencana Shopee menggelar Mobile Shopping Day, pengamat e-commerce Purjono Agus Suhendro mengatakan bahwa konsep yang diusung Shopee bagus sekali. “Ini tidak hanya bertujuan untuk mengedukasi pasar, tetapi juga mendongkrak jumlah pelanggan dan nilai transaksi yang dibukukan,” ungkapnya kepada TechnoBusiness Indonesia di Jakarta, Kamis (15/9).
Yang perlu dipahami oleh Shopee, Purjono melanjutkan, adalah bagaimana masyarakat tahu bahwa hari itu sedang ada Mobile Shopping Day. “Artinya, salah satu kuncinya ada pada sosialisasi dari program tersebut,” katanya. “Sebab, meski transaksi online telah tumbuh dua kali lipat setiap tahunnya, porsinya dibanding belanja konvensional masih sangat kecil. Belum ada apa-apanya.”
Menurut Purjono, masyarakat masih membutuhkan edukasi terus-menerus terkait kepraktisan, kenyamanan, dan keamanan berbelanja online. Apalagi, apabila transaksi itu dilakukan secara mobile.
Sejak diluncurkan pada Desember 2015, Indonesia merupakan satu dari banyak negara yang serius digarap Shopee. Hingga Agustus lalu, Shopee telah diunduh lebih dari 7 juta kali di Asia Tenggara dan 20 juta kali di seluruh dunia. Kini, Shoppe telah menerima sekitar 250.000 pesanan setiap harinya.●
—Anwar Ibrahim, TechnoBusiness ID
Alibaba Reduces Heatstroke Risk at Tokyo 2020 with Cloud
Shopee
Shopee dan Visa Sepakati Lima Kemitraan Strategis
Shopee, E-commerce Paling Populer di Asia Tenggara
Wow, Shopee Catatkan 1,5 Juta Pesanan per Hari
10 Tren Teknologi Pemerintahan 2019-2020 Versi Gartner
Turnamen Sepakbola Eropa Digelar di Singapura, Shopee jadi Mitra
Pesanan Harian Shopee Indonesia Mencapai 0,7 Juta
Strategi Panasonic Menerobos Lesunya Pasar Televisi