Connect with us

Startups

Lima Kampanye April Mop Paling Heboh dari Startup Indonesia

Published

on

Oleh Indah Mustikasari & Andrew Prasatya

April Mop merupakan tradisi yang jatuh pada 1 April di mana kita dapat memberikan tipuan atau lelucon semenarik dan seusil mungkin untuk teman atau kerabat. Namun, tren April Mop juga merambah ke berbagai macam kampanye yang dilakukan merek untuk menjahili dan memberikan hiburan kepada pelanggannya.

Jika kita masih ingat, pada 2016 lalu salah satu pelaku e-commerce di Indonesia, yaitu MatahariMall, membuat lelucon dengan menawarkan jasa penyewaan pacar melalui layanan newsletter-nya. Sempat membuat heboh para netizen di media sosial, ternyata promosi jasa sewa pacar tersebut adalah bagian dari kejahilan MatahariMall untuk menyambut April Mop.

Tren April Mop ini mulai banyak dijadikan momentum para pelaku startup untuk berlomba-lomba meningkatkan awareness kepada masyarakat dengan berbagai macam trik dan gimmick kreatif yang berpotensi membuat heboh para netizen di dunia maya. Mulai dari jualan batu akik hingga penawaran tour ke luar angkasa.

Advertisement

Nah, berikut ini daftar perusahaan dengan kampanye April Mop terkreatif di Asia Tenggara pada 2017:

 

  1. Launching situs Amazon di Asia Tenggara, termasuk Indonesia

Startup e-commerce iPrice Indonesia mengirimkan rilis yang cukup mengejutkan kepada sejumlah media. Pasalnya, sejak beberapa bulan lalu telah banyak isu yang beredar terkait kehadiran raksasa e-commerce Amazon di Indonesia. Pada 1 April 2017, situs pembanding harga iPrice Group mengumumkan bahwa mereka telah menjadi mitra resmi Amazon Indonesia dengan memberikan bocoran terkait tampilan situs tersebut.

Dalam kolaborasi ini, iPrice Group bersama Amazon membuat inovasi fitur perbandingan harga untuk layanan pengiriman makanan tradisional bernama Amazon Food. Layanan Amazon Food memungkinan konsumen mendapatkan makanan tradisional dari pelosok Tanah Air menggunakan drone, pesawat tanpa awak, serta robot yang akan dikirim dalam rentang satu jam saja ke tempat pembeli. Selain Amazon Indonesia, iPrice juga membuat laman Amazon di negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Sayangnya, bagi yang sudah keburu ngiler menikmati sajian gudeg asli Yogyakarta, rilis ini ternyata merupakan bagian dari kampanye kreatif April Mop dari iPrice Group. Kalau diperhatikan barang yang ada di laman Amazon tersebut adalah produk-produk tradisional dari setiap negara. iPrice ingin mengirimkan pesan bahwa Indonesia harus dapat memanfaatkan sebaik-baiknya perkembangan teknologi untuk mempromosikan produk-produk lokal Indonesia.

 

Advertisement
  1. Layanan terbaru Go-Pet dari Go-Jek

Hiburan lain datang dari startup aplikasi on-demand Go-Jek yang mengumumkan kehadiran layanan terbaru mereka, yaitu Go-Pet, aplikasi layanan pertama antar-spesies. Dilansir dari video yang diunggah dalam akun Twitter resminya, Nadiem Makarim sebagai CEO dan Founder Go-Jek menyatakan melihat kesibukan para pemilik hewan membuat Go-Jek tergerak untuk memberikan pelayanan terbaru agar peliharaan kita menikmati hidupnya sebagai binatang.

Layanan Go-Pet terdiri dari Go-Clean; layanan untuk mencuci dan membersihkan peralatan hewan, Go-Rek; layanan mentransfer hewan, Go-Food, dan Go-Points; reward points khusus untuk hewan. Tentu inovasi ini disambut heboh oleh masyarakat digital di Twitter. Sayangnya, kemunculan pengumuman layanan ini adalah trik April Mop semata. Ada-aja saja ya!

 

  1. Indonesia Flight menjual tiket ke ujung bumi dan luar angkasa

Beberapa waktu lalu, netizen dihebohkan dengan iklan penawaran reservasi perjalanan ke ujung bumi dan luar angkasa melalui situs reservasi tiket online, Indonesia Flight. Benarkah? Ternyata strategi April Mop ini terinspirasi dari perdebatan sengit antar-masyarakat Indonesia mengenai teori Bumi bulat dan datar. Hal tersebut membuat Indonesia Flight tergerak menawarkan perjalanan untuk membuktikan mana teori bentuk Bumi yang benar.

Kampanye April Mop ini juga merupakan salah satu strategi Indonesia Flight untuk mengenalkan situs mereka di tengah persaingan bisnis situs travel online yang ketat. Indonesia Flight juga menawarkan diskon spesial dengan menggunakan kode promosi: BUMIDATAR dan BUMIBULAT khusus pada 1 April bagi pembelian tiket penerbangan domestik dan internasional.

 

  1. Beli rumah di planet Mars lewat situs Lamudi

Lamudi, startup portal jual beli properti, memberikan pengumuman yang mengejutkan bahwa kini mereka menyediakan daftar properti yang bisa kita beli di planet Mars. Bahkan, dalam laman webnya, Lamudi turut memberikan informasi lengkap mengenai luas tanah, jumlah kamar, dan harga yang perlu kita bayar.

Pengumuman tersebut ternyata tipuan semata untuk memeriahkan April Mop sekaligus kampanye untuk menjaga bumi lebih baik dengan memulai gaya hidup hijau dan ramah lingkungan.

Advertisement

 

  1. Beli jimat secara online di Qlapa

Qlapa, e-commerce lokal yang khusus menjual produk kerajinan tangan asli Indonesia, pada 1 April 2017 kemarin mengumumkan kehadiran produk terbaru di platformnya, yaitu jimat. Jimat dianggap sebagai bagian penting dari kebudayaan Indonesia yang memiliki keunikan dan khasiat yang diwarisi secara turun-temurun. Juga, terdapat seorang praktisi kebatinan bernama Mbah Sakuyup yang menjual sembilan jenis jimat yang bisa kita beli melalui Qlapa, seperti Tusuk Gigi Anti Gendut, Bedak Naik Gaji, Sabun Anti Selingkuh, hingga Dupa Aroma Pemikat Hati. Penawaran produk ini cukup mengundang tawa netizen di media sosial.

Awalnya mungkin kita akan sedikit kesal ketika mengetahui berita dan iklan-iklan tersebut hanya April Mop belaka. Namun, kampanye-kampanye tersebut perlu diapresiasi karena untuk menciptakan lelucon sebesar ini tentunya membutuhkan usaha dan kreativitas yang maksimal. Meski demikian, kita tetap perlu waspada dan berhati-hati dengan informasi-informasi yang bermunculan agar tidak terkecoh dengan April Mop di waktu mendatang, ya!**

 

 

 

Advertisement

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.