• Meski ras dan etnis bangsa Amerika semakin beragam, nama keluarga paling populer pada 2010 masih sama dengan 2000.
  • Smith, Johnson, Williams, Brown, dan Jones adalah deretan nama terakhir yang paling umum.

 

WASHINGTON – Biro  Sensus Amerika Serikat (United States Census Bureau) baru saja merilis 1.000 nama keluarga yang paling umum di negara itu. Meski ras dan etnisnya semakin beragam, lima nama keluarga yang paling populer pada 2010 masih sama dengan 2000.

“Smith, Johnson, Williams, Brown, dan Jones merupakan nama-nama terakhir yang paling populer,” sebut biro sensus tersebut. Selain itu, populasi yang berkembang telah mendorong nama keluarga Hispanik naik peringkat sejak 2000.

Garcia, misalnya, menempati urutan keenam yang paling biasa digunakan, naik dari posisi delapan pada 2000. Dua nama keluarga Hispanik lain yang masuk 10 besar daftar terkait yaitu Rodriguez dan Martinez.

Biro Sensus AS mendapatkan data itu dari sensus kepada 6,3 juta respondens. Dari jumlah itu, 11 nama disebutkan sampai lebih dari 1 juta kali, sedangkan 62%-nya hanya sekali. “Beberapa variasi unik atau nama unik lebih sering,” kata Joshua Comenetz, Asisten Kepala Staf Divisi Populasi Biro Sensus AS.

Frekuensi nama keluarga dari Latino dan dari Asia menunjukkan bahwa pertumbuhan populasi di Amerika Serikat memang terjadi. Tiga dari 15 yang paling cepat berkembang dari kaum Hispanik antara lain Vazquez (naik 63%), Bautista (59%), dan Velazquez (59%). Nama-nama dari Asia juga amat cepat menyebar, seperti Zhang (naik 111%), Li (93%), dan Khan (63%).**

—Philips C. Rubin, TechnoBusinessGrafis: US Census Bureau  


LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here