Ada lima tren pasar terbaru yang lahir di masa pandemi virus Corona (COVID-19) dan harus dipahami perusahaan. Apa saja itu?

Jakarta, TechnoBusiness ID • Tak bisa dimungkiri, pandemi virus Corona (COVID-19) telah “meluluhlantakkan” banyak sekali perusahaan yang tersebar di seluruh dunia.

Baca Juga: Survei: 82% Orang Tua Tak Siap Anaknya Belajar di Rumah  

Perusahaan yang sehat tiba-tiba harus berhenti beroperasi, bahkan tidak sedikit yang gulung tikar karena dahsyatnya imbas dari pandemi.

Karena itu, jika tidak ingin mati lebih cepat, perusahaan mesti memahami lima tren pasar terbaru yang muncul akhir-akhir ini.

Baca Juga: 5 Alasan Wanita Asia Tenggara Ingin Wirausaha

Kelima tren pasar terbaru itu, menurut Accenture, antara lain:


1. Tingkat kepercayaan. Konsumen akan semakin waspada dalam membeli produk dan jasa. Implikasinya, perusahaan harus mengubah produk dan layanannya menjadi lebih aman, sehat, dan bersih.

2. Semua serba-virtual. Jaga jarak mendorong masyarakat menggunakan teknologi virtual sebagai pengganti pertemuan tatap muka. Implikasinya, perusahaan harus mengubah cara berinteraksi dengan konsumen dan karyawannya menjadi lewat virtual.

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

[nextpage]

3. Ada komponen kesehatan dalam setiap bisnis. Implikasinya, perusahaan harus menerapkan kesehatan dalam operasional perusahaan serta menciptakan fitur-fitur kesehatan yang dapat meyakinkan konsumen dan masyarakat.

Baca Juga: 3 Tantangan Transformasi Bisnis Digital Perusahaan Indonesia

4. Kembali ke lingkungan rumah. Perusahaan harus jeli melihat kebutuhan karyawan dan konsumen di rumah dan bagaimana dampaknya terhadap pola hidup, termasuk bekerja, dan konsumsi. 

5. Kembalinya figur otoritas. Pemerintah berperan penting sebagai figur otoritas sentral. Implikasinya, pemerintah dan perusahaan sangat berperan dalam menentukan maupun menganjurkan pola hidup dan kerja untuk kepentingan bersama.

Baca Juga: Pembelajaran Jarak Jauh, Strategi Baru Lembaga Pendidikan

Kelima tren pasar terbaru itu wajib dipahami oleh perusahaan sebagai dampak atas merebaknya pandemi virus Corona di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Direktur Accenture Indonesia Ichsan Adiwidjaya menjelaskan  bahwa dibutuhkan langkah strategis untuk beradaptasi dan berinovasi agar perusahaan mampu mengatasi tantangan saat ini.

Baca Juga: Tiga Kunci Sukses Sharp Electronics di Masa Pandemi

“Untuk itu, perusahaan perlu cermat dalam mengamati perubahan-perubahan mendasar pada manusia dan dampaknya terhadap bisnis serta operasional perusahaan,” ujarnya.n

—Vino Darmawan, TechnoBusiness ID • Foto: Pixabay

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.


LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here