Lini bisnis iklan baris eBay dilego ke Adevinta.

Adevinta sepakat mengakuisisi lini bisnis iklan baris online milik eBay, eBay Classified Group, untuk menjadi raja di industri tersebut.

California, TechnoBusiness ● Adevinta ASA (OSE: ADEA), perusahaan spesialis marketplace yang berbasis di Oslo, Norwegia, mengakuisisi seluruh lini bisnis iklan baris online eBay, Inc. (Nasdaq: EBAY), yakni eBay Classifieds Group, senilai US$ 9,2 miliar.

Baca Juga: eBay Mulai Incar Pasar Pembayaran Digital Global

Adevinta, yang juga merupakan pemilik OLX Brazil dan 34 layanan iklan baris online lainnya, sepakat mengakuisisi lini bisnis iklan baris eBay—yang terdiri dari 12 merek di 13 negara—dalam bentuk uang tunai dan saham.

eBay akan menerima US$ 2,5 miliar berupa uang tunai dan 540 juta saham Adevinta. Saham itu mewakili 44% kepemilikan dan ~ 33,3% hak suara di perusahaan.

Baca Juga: Bisnis Layanan Cloud di Asia Tenggara Cenderung Turun

“Dengan mengakuisisi eBay Classified Group, Adevinta menjadi perusahaan iklan baris online terbesar di dunia,” kata CEO Adevinta Rolv Erik Ryssdal dalam pernyataannya, Selasa (21/7).


 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TV. Jangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

[nextpage]
Dengan demikian, di satu sisi Adevinta mengakuisisi seluruh lini bisnis iklan baris online eBay, di saat yang sama eBay menjadi pemegang saham terbesar Adevinta.

Baca Juga: Pembelajaran Jarak Jauh, Strategi Baru Lembaga Pendidikan

Akuisisi itu djadwalkan akan selesai pada kuartal 1/2021. Setelah itu, Adevinta dan eBay akan terus berkolaborasi yang diharapkan dapat menciptakan sinergi tahunan senilai US$ 150-185 juta dalam tiga tahun ke depan.

Senior Vice President dan General Manager eBay Classifieds Group Alessandro Coppo mengatakan kesepakatan itu menjadi bukti bahwa pertumbuhan dan potensi lini bisnis iklan baris online eBay amat menarik.

Baca Juga: Survei: 82% Orang Tua Tak Siap Anaknya Belajar di Rumah 

“Kami sangat gembira lini bisnis iklan baris online eBay bergabung dengan Adevinta dan membentuk pemimpin global di industrinya yang potensial,” ungkap Coppo.●

—Philips C. Rubin, TechnoBusiness ● Foto: eBay

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TV. Jangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.


LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here