eBay telah memasuki pasar pembayaran digital sejak dua tahun lalu bekerja sama dengan PayPal.

Setelah perjanjian kerja sama dengan PayPal kadaluarsa, eBay mulai menggarap pasar pembayaran digital global sendiri.

California dan Jakarta, TechnoBusiness ● eBay, Inc. (Nasdaq: EBAY), perusahaan e-commerce yang berbasis di San Jose, California, mulai mengincar pasar pembayaran digital global.

Baca Juga: Pembelajaran Jarak Jauh, Strategi Baru Lembaga Pendidikan

Keputusan itu diumumkan setelah eBay sukses mencuri ceruk pasar pembayaran digital di Amerika Serikat dan Jerman sejak dua tahun lalu.

Selain itu, juga setelah masa perjanjian kerja sama operasi dengan raja pembayaran digital global PayPal, Inc. (Nasdaq: PYPL) berakhir.

Baca Juga: Bisnis Layanan Cloud di Asia Tenggara Cenderung Turun

Per akhir kuartal kedua kemarin, di Amerika dan Jerman, eBay sudah mengelola pembayaran digital senilai US$ 4,7 miliar yang melibatkan transaksi dari 42.000 penjual.


Mayoritas penjual berharap dapat melakukan penghematan—dan sejauh ini eBay telah mampu menyuguhkan biaya transaksi US$ 17 juta lebih hemat.

“Kami berharap dapat menghasilkan pendapatan US$ 2 miliar dan pendapatan operasional US$ 500 juta dari pasar pembayaran digital global pada 2022,” ungkap Presiden dan CEO eBay Jammie Iannone, Senin (20/7).

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

[nextpage]

eBay memasuki pasar pembayaran digital dengan iming-iming proses transaksi antara penjual dan pembeli yang lebih cepat dibanding veteran-veteran pembayaran digital global.

Baca Juga: Penting, Perusahaan Mesti Pahami 5 Tren Pasar Terbaru Ini

Vice President of Global Payments eBay Alyssa Cutright mengatakan perusahaannya menciptakan pengalaman yang lebih sederhana dan terpadu bagi pasar pembayaran digital.

Lebih dari itu, platform pembayaran digital Bay juga menawarkan lebih banyak opsi, termasuk menggunakan kartu debit, kartu kredit, kartu gift, dan tak ketinggalan PayPal.

Baca Juga: Survei: 82% Orang Tua Tak Siap Anaknya Belajar di Rumah  

eBay juga dapat tersambung dengan Apple Pay jika pengguna menggunakan iPhone atau iPad. Bisa juga terkoneksi dengan Google Pay bagi pengguna perangkat Android.

Pengguna kartu debit SEPA di Jerman, pengguna Afterpay di Australia, dan pengguna PayBright di Kanada juga sudah dapat memanfaatkan layanan pembayaran eBay.

Memang pasar pembayaran digital global masih sangat besar dan terbuka lebar. Periset pasar Million Insights memproyeksikan pertumbuhan CAGR 17,6% selama rentang 2019-2025.

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

[nextpage]

Pada 2025, pasar pembayaran digital global diperkirakan bernilai US$ 132,5 miliar. Digitalisasi pembayaran di berbagai industri, terutama ritel, telah mendorong pertumbuhan itu.

Baca Juga: 5 Alasan Wanita Asia Tenggara Ingin Wirausaha

Jeffrey Bahar, Group Deputy CEO Spire Research and Consulting

Menurut Deputy Group CEO Spire Research and Consulting Jeffrey Bahar, justru pasar pembayaran digital itulah yang paling menarik untuk diperebutkan.

Sebab, apa pun model bisnisnya, apa pun perusahaannya, siapa pun yang bertransaksi nantinya, pasti membutuhkan platform pembayaran yang makin lama makin digital.

Baca Juga: 3 Tantangan Transformasi Bisnis Digital Perusahaan Indonesia

Bagi eBay, layanan pembayaran digital amat penting untuk memperkuat bisnis e-commerce-nya yang sudah besar—dan diyakini bakal semakin berkembang.

“Sama seperti Google mengeluarkan Google Pay, Apple dengan Apple Pay, Alibaba memiliki Alipay, Gojek mempunyai Gopay, dan lain sebagainya,” kata Jeffrey.

Di samping, nilai bisnis pembayaran digital yang diperoleh dari komisi per transaksi sangat menggiurkan. Sebagai contoh, biaya transaksi pembayaran komersial domestik PayPal senilai 3,9% plus US$ 0,30.

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

[nextpage]

Bayangkan, berapa uang yang berhasil dikumpulkan eBay jika sebagian besar transaksi e-commerce-nya dilakukan melalui layanan pembayarannya sendiri? “Besar sekali, bukan?” ujar Jeffrey.

Baca Juga: Tiga Kunci Sukses Sharp Electronics di Masa Pandemi

Berdasarkan laporan keuangan perusahaan, pada kuartal 1/2020 eBay berhasil mengumpulkan pendapatan sebesar US$ 2,37 miliar—dari 174 juta pembeli aktif di seluruh dunia.

Meluasnya penggunaan infrastruktur digital dan meningkatnya jumlah pengguna ponsel pintar yang kuat di Amerika Utara telah mendorong pertumbuhan di pasar regional.

Baca Juga: Strategi Baru GoPro Setelah Terjerembab Pandemi

Di Asia Pasifik, munculnya penjual-penjual skala usaha kecil menengah baru juga turut melengkapi pertumbuhan pasar pembayaran digital global—yang diincar eBay.●

—Philips C. Rubin, TechnoBusiness (US) dan Purjono Agus Suhendro (TechnoBusiness ID) ● Foto: eBay

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.


LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here