Antusiasme masyarakat Indonesia terhadap pembayaran digital lebih tinggi dibanding negara lain.

Antusiasme masyarakat Indonesia terhadap pembayaran digital tercatat tertinggi di Asia Tenggara.

Jakarta, TechnoBusiness Insights VMware Inc. (NYSE: VMW), perusahaan perangkat lunak global yang berpusat di Palo Alto, California, mengungkapkan bahwa antusiasme masyarakat Indonesia terhadap pembayaran digital tercatat yang tertinggi di Asia Tenggara.

Baca Juga: Kendaraan Otonom Penting bagi Pengemudi Lansia

Dalam laporan VWware Digital Frontiers 3.0 Study yang dirilis pada Maret lalu dan disampaikan kembali pada Senin (26/7) disebutkan 9 dari 10 (90%) responden Indonesia menyatakan lebih memilih beralih dari sistem pembayaran tunai ke digital.

Antusiasme masyarakat Indonesia terhadap pembayaran digital itu lebih tinggi dibanding masyarakat Singapura (88%), Filipina (76%), Malaysia (87%), dan Thailand (85%). VMware menyatakan itu merupakan loncatan besar bagi Indonesia yang didorong oleh pandemi COVID-19.

Baca Juga: 6 Besar Pasar E-commerce Asia Tenggara 2021

Itu juga menandakan bahwa masyarakat Indonesia lebih sigap dalam bertransformasi digital (digital-first) dan menerima suguhan pengalaman digital (digital experience) terbaru. Sebanyak 58% responden Indonesia antusias juga dalam pelibatan dengan organisasi-organisasi finansial.




Antusiasme itu dinilai lebih tinggi dibanding masyarakat dari negara-negara lain seperti Singapura (44%), Filipina (57%), Malaysia (56%), dan Thailand (62%). Itu karena 70% responden Indonesia mengutamakan kemudahan dalam mengakses aplikasi dan layanan digital.


Baca Juga: Pasar Kesehatan Digital Global Tumbuh 400% dalam 7 Tahun

Itu sebabnya, lembaga-lembaga finansial di Indonesia menghadirkan digital experience dengan cukup baik—dan lebih baik jika dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang ritel, layanan kesehatan, pemerintahan, dan pendidikan.


“Industri layanan finansial di Indonesia gesit beralih ke dunia digital selama pandemi ini. Mereka mengembangkan inovasi-inovasi dalam menghadirkan  digital experience mutakhir yang mulus berbasis teknologi masa depan,” kata Country Manager VMware Indonesia Cin Cin Go, Senin (26/7).

Teks: TechnoBusiness Insights

Data: VMware

Foto: Dana


Tekan “tombol lonceng” di sisi kiri layar Anda untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dari TechnoBusiness lebih cepat. 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TV. Jangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here