Pendapatan pasar AI global terus tumbuh.

Pendapatan pasar AI global pada 2021 diperkirakan tumbuh 16,4% jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Massachusetts, TechnoBusiness Insights • Pendapatan pasar kecerdasan buatan (AI), yang meliputi perangkat lunak, perangkat keras, dan layanan, tahun ini diperkirakan tumbuh 16,4% dibanding 2020 menjadi US$327,5 miliar.

Baca Juga: Reli Harga Bitcoin Ternyata Tak Menarik bagi CFO Perusahaan

Pendapatan pasar AI global diperkirakan mencapai US$554,3 miliar pada 2024.

Menurut firma riset pasar IDC, pendapatan pasar AI global diyakini bakal terus tumbuh hingga mencapai US$554,3 miliar pada 2024 atau mencatatkan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 17,5%.

Penyumbang pendapatan pasar AI global berasal dari perangkat lunak yang mencapai 88%. Dari perangkat lunak AI, aplikasi AI mengambil bagian pendapatan hingga 50%.

Baca Juga: Soal Uang, Orang Lebih Percaya Robot daripada Manusia!


“Pandemi telah mendorong AI ke puncak agenda perusahaan, memberdayakan ketahanan dan relevansi bisnis,” kata Ritu Jyoti, Wakil Presiden Program untuk Riset AI di IDC.



AI ada di mana-mana di semua area fungsional bisnis. Kemajuan machine learning, AI talks, dan computer vision AI berada di garis depan inovasi perangkat lunak AI.

Baca Juga: 50% Keputusan Kredit Perbankan Tahun Ini Libatkan Fintech

Meskipun pandemi mengganggu momentum pertumbuhan pasar layanan AI di seluruh dunia, permintaan perusahaan telah mempertahankan ekspansi dua digit pada 2020.•

Teks: TechnoBusiness Insights

Data: IDC, Februari 2021

Foto: Pixabay

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here