Para vendor mulai merilis perangkat yang lebih murah untuk mempercepat pertumbuhan pasar ponsel pintar 5G global.

Pasar ponsel pintar 5G global sepanjang 2020-2027 diperkirakan akan tumbuh sebesar 122,7%, walau sempat anjlok pada awal 2020.

Dublin, TechnoBusiness Insights • Permintaan pasar ponsel pintar 5G global pada 2019 telah mencapai 12,42 juta unit. Tapi, nilai pasarnya yang besar kembali anjlok pada kuartal 1/2020.

Baca Juga: Pasar Ritel Indonesia Tumbuh Rendah Empat Tahun ke Depan

Tidak ada penyebab lain yang membuat nilai pasar ponsel pintar 5G global pada awal 2020 itu menukik tajam kecuali karena pengaruh pandemi COVID-19.

Walaupun, menurut firma riset pasar Research And Markets, semakin murahnya harga perangkat dari China juga menjadi faktor dominan yang menyebabkan nilai pasar ponsel pintar 5G global merosot.

Meski menurun, pasar ponsel pintar 5G global diyakini bakal bangkit kembali karena merupakan teknologi masa depan. Jaringan 5G 100 kali lebih cepat dari pendahulunya.

Baca Juga: Asia Pasifik Bakal Dominasi Pasar Layanan Pengiriman Drone


Permintaan pasar ponsel pintar 5G global pada 2019 telah mencapai 12,42 juta unit.

Ponsel pintar membutuhkan sensor yang kompatibel dengan 5G untuk mendukung kecepatan yang mencapai 10 Gpbs. Karena itu, pertumbuhan jaringan 5G akan mengerek pasar ponsel pintar 5G global.

Apalagi, tuntutan untuk menonton video streaming berkecepatan tinggi semakin meningkat, yang diikuti dengan berkembangnya layanan over the top seperti Netflix, Amazon Prime Video, Hulu, Disney+, dan lainnya.


Untuk mempercepat penetrasi pasar 5G, pemerintah China—yang menjadi pasar terbesar di dunia—telah memangkas biaya perizinan terkait jaringan tersebut.

Baca Juga: Alokasi Belanja TI Pemerintah di Seluruh Dunia 2021 Naik 5%


Federal Communications Commission Amerika Serikat pun sudah mengizinkan modifikasi peralatan 5G dipasang di tiang yang ada untuk menurunkan biaya modal.


Pasar ponsel pintar 5G global juga akan tumbuh oleh dorongan para vendor seperti Huawei, Xiaomi, Vivo, Samsung, yang memproduksi perangkat lebih murah.

Vendor-vendor itu juga menggandeng saluran penjualan ritel seperti Walmart, Amazon, dan lain sebagainya untuk mempercepat penyerapan pasar ponsel pintar 5G global.•

Teks: TechnoBusiness Insights

Data: Research And Markets, Maret 2021

Foto: Pixabay

 

Tekan “tombol lonceng” di sisi kiri layar Anda untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dari TechnoBusiness lebih cepat. 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TV. Jangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here