Adopsi digital konsumen Indonesia lebih cepat dari rata-rata dunia.

Tingkat kecepatan adopsi digital konsumen Indonesia mengalahkan negara-negara maju di dunia.  

Jakarta, TechnoBusiness Insights • Konsumen Indonesia ternyata lebih terdepan dalam melakukan adopsi teknologi digital ketimbang negara-negara lain di dunia.

Berdasarkan studi VMware yang dilaporkan dalam Digital Frontiers 3.0 Study”, diketahui bahwa sejak tahun lalu 8 dari 10 (84%) konsumen Indonesia telah mulai beralih ke digital untuk terhubung ke merek.

Baca Juga: Asia Pasifik Bakal Dominasi Pasar Layanan Pengiriman Drone

Angka itu lebih tinggi dibanding rata-rata adopsi digital konsumen di Asia Tenggara yang sebesar 78%. Angka itu juga bahkan jauh lebih tinggi daripada negara-negara maju.

Sebab, persentase adopsi digital konsumen di negara-negara maju di dunia tercatat hanya separuhnya. Di Amerika Serikat, misalnya, hanya 40%, Prancis 41%, Jerman 44%, dan Inggris 34%.

Konsumen Indonesia juga paling nyaman dalam memberikan kepercayaan ke perusahaan-perusahaan untuk mengakses data personal demi menikmati pengalaman digital yang lebih baik.




Baca Juga: Alokasi Belanja TI Pemerintah di Seluruh Dunia 2021 Naik 5%

Sebanyak 59% dari 1.000 konsumen Indonesia yang disurvei pada November-Desember 2020 menyatakan merasa nyaman dalam mempersilakan perbankan mengakses kegiatan mereka.

Adopsi digital konsumen di negara-negara maju di dunia tercatat hanya separuh dari Indonesia.

Kegiatan-kegiatan yang digali oleh perbankan itu seperti perilaku belanja, nutrisi, program diet, jalan-jalan, pergerakan sehari-hari konsumen. Harapannya, dapat memberikan masukan tentang finansial yang tepat.

Di sektor ritel, 61% konsumen Indonesia merasa nyaman dan tertarik untuk mempersilakan peritel memiliki akses data agar mereka dapat menghadirkan pengalaman yang makin relevan.



Baca Juga: Pasar Carter Kapal Pesiar Global pada 2020 Anjlok 85%

Indonesia memperlihatkan komitmennya yang sigap dalam mendukung terwujudnya digital first. Ini ditandai dengan makin tingginya kebutuhan konsumen untuk menikmati layanan dan pengalaman secara digital.

“Ini menjadi landasan bagi perusahaan untuk lebih gencar dalam mewujudkan transformasi guna memenuhi kebutuhan dan ekspektasi dari pelanggan mereka,” kata Cin Cin Go, Country Manager VMware Indonesia.•

Teks: TechnoBusiness Insights

Data: VMware, Maret 2021

Foto: Telkomsel

 

Tekan “tombol lonceng” di sisi kiri layar Anda untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dari TechnoBusiness lebih cepat. 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TV. Jangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here