Tingkat produktivitas pekerja global melambat.

Tingkat produktivitas pekerja global, termasuk Indonesia, menurun. Berikut analisisnya.

New York dan Jakarta, TechnoBusiness InsightsThe Conference Board Inc., lembaga riset dan bisnis nirlaba global yang berpusat di New York, mengungkapkan bahwa tingkat produktivitas pekerja global pada 2020 turun 0,9%.

Baca Juga: Negara ASEAN Ini Masuk 10 Besar Pengguna Clubhouse Terbanyak

Padahal, tingkat produktivitas pekerja global, yang mencakup 131 negara, pada 2019 sempat naik 1% dibanding tahun sebelumnya. Memang diprediksi akan kembali pulih pada 2021, tapi kemungkinan itu hanya sementara.

“Beberapa tahun terakhir telah melihat titik terendah dari tren tingkat produktivitas pekerja global yang lemah selama satu dekade,” ungkap Ataman Ozyildirim, Direktur Senior Riset Ekonomi The Conference Board di New York, Rabu (21/4).

Saat ini, tren pemulihan didorong oleh akselerasi transformasi digital disertai investasi berkelanjutan dalam model bisnis baru dan infrastruktur modern. Tapi, masih banyak rintangan untuk mendongkrak tingkat produktivitas pekerja global.

Baca Juga: Lebih dari Separuh Korban Ransomware Pilih Membayar Tebusan


Seperti diketahui, pengangguran semakin banyak karena pandemi, pemulihan yang tidak seimbang, dan meningkatnya ketidaksetaraan, baik di negara maju maupun berkembang.


Di negara-negara maju, perlambatan tingkat produktivitas pekerja telah mencapai titik terendah dan belum ada tanda-tanda kebangkitan. Sementara itu, pasar negara berkembang juga melambat sejak 2010.

“Di tengah resesi pandemi, tingkat pertumbuhan produktivitas di pasar negara berkembang dan negara maju bertemu, tapi sejauh ini untuk ulasan yang salah,” kata Klaas de Vries, ekonom The Conference Board.


Baca Juga: Lenovo Pimpin Pengiriman PC Global pada Kuartal 1/2021


Yang satu kehabisan potensi untuk mengejar ketertinggalan, sedangkan yang satunya lagi terlalu lambat untuk membalikkan tingkat produktivitas pekerja yang melemah.

Bagaimana dengan tingkat produktivitas pekerja di Indonesia? Tidak disebutkan secara spesifik terkait tingkat produktivitas pekerja Indonesia, tapi Indonesia termasuk delapan negara berkembang yang secara kumulatif melambat.


The Conference Board menyebutkan bahwa di antara delapan negara berkembang terbesar, antara lain Brazil, China, India, Indonesia, Meksiko, Rusia, Afrika Selatan, dan Turki, tingkat produktivitas pekerja per orang melambat dari 5,2% (2000-2007) menjadi hanya 3,5% (2011-2019).•

Teks: TechnoBusiness Insights

Data: The Conference Board, April 2021

Foto: Pixabay

 

Tekan “tombol lonceng” di sisi kiri layar Anda untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dari TechnoBusiness lebih cepat. 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TV. Jangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here