Beberapa anggota tim BukuKas

BukuKas berhasil meraih pendanaan seri A senilai US$10 juta dari beberapa investor yang dipimpin Sequoia Capital India.

Jakarta, TechnoBusiness ID • BukuKas, platform digitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah di Indonesia, baru saja memperoleh investasi senilai US$10 juta dalam putaran pendanaan seri A.

Baca Juga: SoftBank Jual US$2 Miliar Saham Uber, Kenapa? 

Pendanaan sebesar itu diraih BukuKas dari beberapa investor seperti Saison Capital, January Capital, Founderbank Capital, Cambium Grove, Endeavor Catalyst, dan Amrish Rau yang dipimpin oleh Sequoia Capital India.

Dengan demikian, hanya setahun sejak didirikan oleh pengusaha Krishnan Menon dan Lorenzo Peracchione pada Desember 2019, BukuKas telah meraup total investasi sebesar US$22 juta.

Pendanaan Seri A itu diperoleh tidak lama setelah BukuKas berulang tahun yang pertama. Dana itu rencananya akan digunakan untuk mempercepat proses akuisisi merchant.

Baca Juga: Panasonic Gandeng Anchanto Perkuat Layanan E-Commerce


Selain itu, juga untuk memperkuat tim engineering dan produk di kedua kantor BukuKas, yakni Jakarta dan Bangalore, India.

Co-founder dan CEO BukuKas Krishnan Menon mengatakan keberhasilan dalam memperoleh investasi pada putaran pendanaan seri A itu sebagai kepercayaan yang kuat pada peluang pasar yang besar dan kemampuan eksekusi tim.

“Meskipun kami telah berkembang pesat tahun ini, kami baru saja memulai,” kata Menon. Putaran ini merupakan langkah penting bagi BukuKas untuk terus bekerja sesuai misinya mendigitalisasi 60 juta usaha pedagang kecil dan pengecer di Indonesia.


Baca Juga: Pengiriman Barang Ninja Xpress Setahun Capai 150 Juta Paket

Hingga November 2020, BukuKas telah menggaet 3,5 juta pedagang kecil dan pengecer yang terdaftar sebagai pengguna aplikasi dengan pengguna aktif bulanan sebanyak 1,8 juta pengguna.

BukuKas telah menggaet 3,5 juta pedagang kecil dan pengecer menjadi penggunanya.

Para pengguna BukuKas itu mencatatkan transaksi hingga US$17,4 miliar setahun, nilai yang setara dengan 1,5% Produk Domestik Bruto Indonesia.

Gerak langkah BukuKas juga semakin gesit setelah pada September lalu mengakuisi aplikasi Catatan Keuangan Harian. Sebab, Catatan Keuangan Harian telah mempunyai 300.000 pengguna aktif bulanan.

Baca Juga: TokoTalk: “Kami Berangkat dari Layanan Berbasis Chatbot”

Melihat perkembangan BukuKas yang cukup baik, “Hanya dalam waktu enam bulan sejak memimpin putaran pendanaan melalui program Surge, Sequoia Capital India telah menggandakan kemitraan dan memimpin pendanaan seri A untuk BukuKas,” ungkap Managing Director Sequoia Capital (India) Singapore Abheek Anand.

—Vino Darmawan, TechnoBusiness ID • Foto: BukuKas

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here