YouTube Shorts segera diluncurkan di pasar Amerika Serikat.

YouTube Shorts akan segera diluncurkan di Amerika Serikat dan dunia setelah sukses diuji coba di India.

California, TechnoBusiness US • YouTube, platform berbagi video terbesar di dunia milik raksasa teknologi Alphabet Inc. (Nasdaq: GOOG), akan segera merilis YouTube Shorts di Amerika Serikat.

Baca Juga: Lucu dan Unik! Purrch, Media Sosial untuk Hewan Peliharaan

YouTube Shorts yaitu fitur video pendek berdurasi hingga 60 detik. Fitur baru tersebut rencananya baru akan diluncurkan YouTube dalam versi Beta di pasar Paman Sam pada Maret nanti.

Rencana peluncuran YouTube Shorts itu diungkapkan oleh Neal Mohan, Chief Product Officer YouTube, lewat blog resmi perusahaan pada Rabu (17/2) pekan lalu.

Sudah bisa ditebak, peluncuran YouTube Shorts terkait kesuksesan TikTok, platform video musik pendek milik ByteDance Ltd. asal Beijing, China.

Baca Juga: Mastercard Bersiap Fasilitasi Transaksi Menggunakan Bitcoin



Diluncurkan pada 2017 untuk pasar internasional dari platform video musik pendek Douyin, TikTok berkembang amat cepat. Kini, TikTok telah hadir di lebih dari 150 negara dengan sekitar 1 miliar pengguna.

TikTok sudah mulai memonetisasi melalui TikTok Ads. Pendapatannya pada pertengahan 2020 diperkirakan bernilai US$1 miliar dengan valuasi sebesar US$50 miliar.

Karena itu, YouTube mulai berpikir untuk menjemput potensi ceruk iklan yang besar dan menangkal pesaing agar tidak menggerus pendapatan iklannya.


Baca Juga: Reli Harga Bitcoin Ternyata Tak Menarik bagi CFO Perusahaan

Rupanya, YouTube telah mempersiapkan peluncuran YouTube Shorts secara matang. Sebelum merilisnya ke pasar Amerika dan seluruh dunia, YouTube telah menguji cobanya di pasar India.


Sudah bisa ditebak, peluncuran YouTube Shorts terkait kesuksesan TikTok.

Bagi remaja-remaja penggemar video pendek di Bharat Ghanarajya, mereka sudah menikmati fitur YouTube Shorts sejak 14 September 2020.

Hasilnya? “Sejak awal Desember, jumlah saluran di India yang menggunakan YouTube Shorts telah meningkat lebih dari tiga kali lipat,” kata Mohan.

Baca Juga: Pengguna Situs Perjodohan Online MuslimMatch.com Naik 40%

Saat ini, YouTube Shorts mencatatkan lebih dari 3,5 miliar views secara global per harinya. Sebuah permulaan yang baik untuk fitur yang baru diluncurkan di satu tempat dalam versi Beta.


Walau angka itu tidak terlalu mengejutkan karena YouTube memang platform berbagi video terbesar di dunia dengan lebih dari 2 miliar pengguna di lebih dari 100 negara.

Dengan basis pengguna sebanyak itu, YouTube telah menampung lebih dari 500 jam tayang video yang diunggah setiap menitnya. Jadi, mungkin hanya butuh waktu pendek untuk menyukseskan YouTube Shorts-nya.•

—Philips C. Rubin, TechnoBusiness US • Foto: YouTube

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here