Drone logistik baru buatan perusahaan e-commerce China Meituan.

Drone logistik baru yang dikembangkan Meituan telah mengirimkan 2.500 pesanan selama Juni lalu.

Hong Kong, TechnoBusiness HK Meituan (HKG: 3690), perusahaan e-commerce terkemuka di China, pada Kamis (8/7) memperkenalkan drone logistik baru yang dikembangkan sendiri.

Baca Juga: Choco Up Investasi US$8 Juta di Perusahaan Logistik Janio

Dalam World Artificial Intelligence Conference 2021 di Shanghai itu, Meituan mendemontrasikan bagaimana drone logistik baru itu dapat bekerja sama dengan pengendara untuk mengirimkan pesanan.

Selanjutnya, Meituan akan menjajaki peluang untuk membangun pusat demonstrasi drone logistik tersebut di Distrik Jinshan, barat daya Shanghai.

Baca Juga: DigitalBridge Bentuk EdgePoint Infrastructure untuk Asia

Puzhong Wang, Senior Vice President dan Head of On-Demand Delivery Business Meituan, mengatakan jaringan logistik di perkotaan akan menghadirkan peluang penting selama 10-20 tahun mendatang.




Jaringan drone logistik baru itu memungkinkan Meituan beradaptasi dengan skenario pengiriman yang berbeda di komunitas perumahan, pusat perbelanjaan, gedung perkantoran, dan lain sebagainya.

“Kami membayangkan jaringan kolaboratif dan terintegrasi di mana drone logistik dan pengendara pengiriman bekerja sama mengirimkan pesanan dengan mulus,” kata Yinian Mao, Head of Drone Delivery Unit Meituan.

Baca Juga: Produksi Mesin Cuci Sharp Indonesia Capai 10 Juta Unit

Untuk diketahui, drone logistik baru itu tidak dikembangkan sesaat. Meituan sudah mulai menjajaki penggunaan drone logistik sejak 2017.


Pada awal tahun ini, upaya Meituan mencapai tonggak sejarah ketika drone logistik buatannya mengirimkan makanan ke pelanggan di Shenzhen untuk pertama kalinya.

Petugas akan mengambil pesanan dari pedagang dan membawanya ke landasan peluncuran drone logistik untuk pengiriman jarak jauh. Drone logistik tersebut akan mengirimkannya ke loker drop-off drone khusus.

Baca Juga: Warung Pintar Transformasi jadi Warung Pintar Group


Setelah itu, penerima barang dapat memindai QR Code untuk mengambil pesanan. Juni lalu, drone logistik itu dipakai Meituan untuk mengirimkan bahan makanan ke penduduk Distrik Nanshan yang sedang diisolasi karena pandemi COVID-19.


Dalam bulan yang sama, drone logistik Meituan telah menyelesaikan lebih dari 200.000 penerbangan percobaan dan mengirimkan lebih dari 2.500 pesanan.

Baca Juga: Huawei Raih 4 Penghargaan di Mobile World Congress 2021

Yang tak kalah menarik, drone logistik itu, kata Wang, lebih dari 90% sistem inti dan komponennya dikembangkan sendiri oleh Meituan.


Sebagai perusahaan e-commerce yang menjangkau seluruh China, terutama 2.800-an kota, per 31 Maret 2021 Meituan memiliki 569,3 juta pengguna aktif tahunan dan 7,1 juta pedagang aktif tahunan.

—Abbra Mattew, TechnoBusiness HK Foto: Meituan



Tekan “tombol lonceng” di sisi kiri layar Anda untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dari TechnoBusiness lebih cepat. 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TV. Jangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here