Connect with us

TechnoBusiness News

Harga Ethereum Pecahkan Rekor, Bitcoin Dekati Rp1 Miliar

Harga Ethereum dan Bitcoin kembali memecahkan rekor tertinggi. Dipengaruhi oleh faktor apa?

Published

on

Harga Ehereum dan Bitcoin hari ini kembali mencetak rekor tertingginya sepanjang sejarah.

Jakarta, TechnoBusiness Crypto ID Indodax, bursa perdagangan aset kripto pertama dan terbesar di Indonesia, melaporkan bahwa harga Ethereum (ETH), salah satu aset kripto terpopuler selain Bitcoin (BTC), hari ini mencatatkan rekor baru setelah mencapai angka Rp68.279.000.

Seiring dengan itu, harga Bitcoin juga kembali naik hingga Rp968.392.000. Ethereum dan Bitcoin merupakan dua aset kripto dengan kapitalisasi pasar tertinggi saat ini, yang menurut Coinmarketcap per hari ini, masing-masing bernilai US$1,28 miliar dan US$568,7 juta.  

Baca Juga: Pemilik Token TKO Bisa Beli Tiket Perjalanan di Travala.com

“Dengan adanya penguatan harga ini beserta dengan pecahnya rekor harga Ethereum dan Bitcoin menunjukkan bahwa investor percaya pada fundamental kedua aset kripto tersebut sehingga terus melakukan aksi beli di pasar,” kata Oscar Darmawan, CEO Indodax.

Advertisement

Jika dibandingkan dengan setahun lalu, kenaikan harga Ethereum dan Bitcoin memang cukup signifikan. Sebab, per November 2020, harga Ethereum baru tercatat senilai Rp8,8 juta (naik 675%) dan harga Bitcoin masih Rp240 juta (naik 303,5%).

Kenaikan harga Ethereum dan Bitcoin hingga memecahkan rekor tertinggi baru didorong oleh pasar yang sedang bullish. Selain itu, kenaikan harga Ethereum juga dikarenakan adanya upgrade Hard Fork London beberapa waktu lalu dan Ethereum 2.0.

Baca Juga: Pengusaha Properti Iwan Sunito Bawa SharedListing Garap Pasar Indonesia

Demikian juga dengan Bitcoin, update blockchain bernama Taproot telah memengaruhi harganya. Taproot terbaru akan aktif mulai minggu ini atau minggu depan yang meningkatkan tiga protokol penggunaan Bitcoin, yaitu privasi pengguna, fitur smart contract, dan efisiensi biaya agar transaksi lebih murah.

—Vino Darmawan, TechnoBusiness Crypto ID Foto: Pixabay

Advertisement