Connect with us

TechnoBusiness News

Huawei Mulai Serius Komersialisasi Sistem Operasi MineHarmony

Huawei berhasil mengembangkan sistem operasi pertambangan MineHarmony.

Published

on

Gambaran teknologi smart mining yang dikembangkan oleh Huawei.

Jakarta, TechnoBusiness ID Huawei Technologies, perusahaan penyedia infrastruktur serta perangkat teknologi informasi dan komunikasi global asal Shenzhen, China, mengumumkan bahwa MineHarmony, sistem operasi Internet of Things (IoT) pertama di sektor pertambangan yang dibuatnya, kini mulai memasuki tahap komersialisasi skala besar.

Tahap itu dilakukan setelah Huawei berhasil mengomersialisasi MineHarmony sejak setahun lalu sekaligus saat ini mulai memasuki fase baru teknologi pertambangan cerdas (smart mining) dengan memanfaatkan teknologi 5G+AI. Dalam setahun pembentukannya, Tim Pertambangan Huawei telah mencatatkan perkembangan yang nyata.

Baca Juga: Ini Alasan Sharp Genjot Penjualan Smartphone di Indonesia

Jadi, dalam forum “Huawei Connect 2022” di Bangkok pada pertengahan September lalu, Ken Hu, Rotating Chairman Huawei, menyampaikan bahwa tambang batu bara bawah tanah penuh sesak dengan berbagai perangkat dan peralatan yang berjalan pada berbagai protokol berbeda. Alhasil, menghubungkan semua itu menjadi sebuah tantangan besar.

Advertisement

Berlatar dari kenyataan itu, Tim Pertambangan Huawei bersama perusahaan pertambangan China Energy Investment Corporation menggalang dukungan dari 30 mitra lebih untuk mengembangkan sistem operasi MineHarmony. Tidak butuh waktu terlalu lama, sistem operasi tersebut berhasil mereka kembangkan hanya dalam waktu tiga bulan.

Sebagai sistem operasi IoT industri pertambangan terdepan, MineHarmony tak sekadar menyediakan protokol terpadu untuk berbagai peralatan berbeda, tapi juga menyederhanakan operasional dengan meniadakan kebutuhan staf untuk mengawasi operasional.

MineHarmony adalah sistem operasi Internet of Things (IoT) pertama di sektor pertambangan yang dibuat oleh Huawei.

Sistem tersebut mencakup berbagai perangkat dalam berbagai ukuran dan menggunakan satu protokol yang sama untuk berbagi data antar-peralatan serta interkonektivitas antara pengguna dan perangkat. Teknologi penggabungan video 5G+AI-nya memungkinkan pengendalian mesin-mesin tambang secara jarak jauh dan presisi, bahkan bisa dilakukan dari kantor.

Dengan pengiriman video yang menunjukkan operasi transportasi utama secara real time pada jaringan 5G serta algoritma AI yang secara akurat mengidentifikasi setiap anomali, inspeksi manual bertahap waktu (time-phased manual inspection) dapat diubah menjadi pemantauan cerdas yang berjalan selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan memangkas jumlah personel inspeksi bawah tanah sebesar 20%.

Baca Juga: ZTE: Dunia Digital dan Dunia Nyata Akan Saling Berinteraksi

Advertisement

Berbekal teknologi mutakhir semacam itu, Tim Pertambangan Huawei telah menciptakan platform Internet Industri pertambangan yang berjalan pada standar dan kerangka kerja terpadu yang didedikasikan untuk serangkaian spesifikasi data terpadu.

Melalui pembangunan IoT generasi berikutnya dengan platform cloud sebagai inti, data sebagai kunci, dan keamanan sebagai pengaman, Tim Pertambangan Huawei fokus menggodok moda baru aplikasi yang mengintegrasikan teknologi informasi generasi berikutnya ke dalam operasional sektor pertambangan sebagai upaya menciptakan modalitas baru bagi perusahaan pertambangan, rantai pasokan, dan keseluruhan rantai industri.

Dalam proses ini, Tim akan bekerja sama erat dengan pelaku di sektor pertambangan untuk menciptakan nilai-nilai baru bagi industri pertambangan. Dengan demikian, menurut Hu, industri dapat menjadi lebih aman dan lebih efisien dengan lebih sedikit kebutuhan staf manusia untuk melakukan pekerjaan yang sulit dan berbahaya.

Baca Juga: Multipolar Technology Tawarkan IBM InfoSphere Data Replication

Dalam industri apa pun, transformasi digital selalu menghadirkan peluang maupun tantangan. Huawei membuka pintu untuk bekerja sama dengan pelanggan dan mitra dengan semangat keterbukaan, inovasi, dan kolaborasi.

Advertisement

“Pada saat yang sama, Huawei mendorong para mitranya bekerja bersama-sama untuk mendorong laju akselerasi digitalisasi, melejitkan potensi digital, dan memberikan dukungan yang lebih besar bagi pertumbuhan sosial dan ekonomi,” kata Hu.

Jeffrey Bahar, COO Spire Research and Consulting, menilai Huawei memang cukup inovatif dalam menciptakan berbagai hal yang dibutuhkan industri. “Sebagai perusahaan teknologi global, inovasi-inovasi mereka cukup luar biasa dan itu menjadi amat menjadi solusi,” katanya.

Bagaimanapun, teknologi berperan penting dalam mengatasi kendala atau mempercepat proses kerja industri. Karena itu, kata Jeffrey, apa yang dikembangkan Huawei dengan melahirkan MineHarmony untuk industri pertambangan patut diacungi jempol.

—Purjono Agus Suhendro, TechnoBusiness ID Foto: Huawei

Advertisement