Connect with us

TechnoBusiness News

Ini Alasan Sharp Genjot Penjualan Smartphone di Indonesia

Sharp Electronics Indonesia kian serius menggarap pasar smartphone dengan meluncurkan Sharp Aquos V6 5G IGA Series.

Published

on

Jajaran eksekutif Sharp Electronics Indonesia saat peluncuran smartphone Sharp Aquos V6 5G IGA Series di Ballroom Grand Indonesia, Jakarta, Kamis (10/11).

Jakarta, TechnoBusiness ID PT Sharp Electronics Indonesia, anak perusahaan Sharp asal Jepang di Indonesia, beberapa tahun belakangan menggenjot penjualan smartphone. Sekilas memang agak aneh karena perusahaan elektronik itu melompat ke pasar smartphone yang bukan spesialisasinya.

Meski begitu, Sharp tak sembarangan masuk ke pasar. Manajemen perusahaan tersebut menjelaskan bahwa pasar smartphone di Tanah Air cukup besar dan masih potensial untuk digarap. Lagi pula, Sharp Electronics Indonesia mengikuti strategi Sharp Corporation yang merilis produk smartphone.

Baca Juga: ZTE: Dunia Digital dan Dunia Nyata Akan Saling Berinteraksi

Bukan hanya itu, nilai penjualan produk elektronik Sharp Electronics Indonesia telah mencapai Rp12 triliun setahun. Maka, kata Senior General Manager National Sales Sharp Electronics Indonesia Andry Adi Utomo, perusahaan membutuhkan ekspansi ke pasar lain agar kinerjanya tetap tumbuh.

Advertisement

Strategi Sharp

Setelah sebelumnya memasarkan Sharp Aquos Zero 2, Sharp Aquos R3, dan Sharp Aquos Sense4 Plus, pada Kamis (10/11) Sharp Electronics Indonesia meluncurkan smartphone Sharp Aquos V6 5G IGA Series. Meski diyakini tidak mudah, perusahaan tersebut optimistis mencuri ceruk pasar yang ada.

Bahkan, smartphone Sharp Aquos V6 5G IGA Series cukup sarat strategi. Dilihat dari namanya saja, yakni IGA Series, diambil dari sebuah nama kota di prefektur Mie, Jepang, asal-muasal tokoh heroik Ninja yang terkenal di seluruh dunia berkat kecepatan geraknya.

Baca Juga: Pendaftaran MMA Impact Indonesia 2022 Telah Dibuka!

Kecepatan gerak Ninja itu menggambarkan kecepatan performa Sharp Aquos V6 5G IGA Series. Kemasan dan konsep promonya pun bernuansa Ninja dan budaya Negeri Sakura. Agar diterima pasar yang besar, lini terbaru tersebut dibanderol seharga Rp3,49 juta, segmen yang menyerap sekitar 3 juta unit per bulan.

Smartphone Head of Marketing Sharp Electronics Indonesia Ardy menambahkan bahwa Sharp Aquos V6 5G IGA Series hadir dengan layar 6,6 inci karena layar tersebut merupakan layar yang paling disukai generasi muda saat ini menggantikan layar televisi.

Advertisement

Smartphone layar lebar itu dilengkapi fitur kamera 50 MP di belakang karena menurut survei mayoritas konsumen lebih banyak menggunakan kamera belakang ketimbang depan. Fitur NFC-nya akan sangat berguna dalam proses pembayaran ke depan seperti pembayaran tol secara cardless yang akan segera diberlakukan.

Sharp Electronics Indonesia membutuhkan ekspansi ke pasar lain agar kinerjanya tetap tumbuh.

“Sharp Aquos V6 5G IGA Series dibekali prosesor MediaTek 700, sebuah chip 5G pertama yang memiliki fitur konektivitas 5G yang dapat menghemat daya sebesar 28% dari generasi sebelumnya hingga mampu mendukung tampilan layar hingga 90Hz guna memastikan performa tampilan terlihat mulus,” katanya.

Kinerja Sharp Aquos V 5G IGA Series ditopang baterai berkapasitas 5000mAh sehingga mampu dioperasikan sepanjang hari. Baterainya dapat mengisi dengan cepat (fast charging) berkat dukungan PD 15W yang menyertainya. Tapi, memorinya masih RAM 4 GB dengan penyimpanan internal sebesar 128 GB.

Baca Juga: Multipolar Technology Tawarkan IBM InfoSphere Data Replication

Dengan strategi semacam itu, selain mengiming-imingi program hadiah jalan-jalan ke Kota IGA, Andry Adi yakin Sharp Aquos V6 5G IGA Series diterima pasar. Pasar yang dimaksudnya terutama konsumen yang selama ini telah menjadi pelanggan Sharp dan amat percaya dengan produk Jepang.

Advertisement

Sharp Electronics Indonesia pun menargetkan mampu menjual 5.000 unit smartphone per bulan, naik dari 2.000 unit yang ditorehkan sebelumnya. “Terima kasih atas respon positif yang diberikan. Itu memicu kami untuk terus berinovasi guna menghadirkan smartphone yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia,” ujar Presiden Direktur Sharp Electronics Indonesia Shinji Teraoka.

Butuh Konsistensi

Sharp Electronics Indonesia memang harus optimistis dalam memasarkan produknya. Tapi, harus disadari bahwa pasar smartphone Indonesia yang menggiurkan sudah dikuasai oleh merek-merek spesialis industri tersebut seperti Oppo, Vivo, Xiaomi, Samsung, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Dibayangi Resesi Global, Pendapatan PwC Justru Cetak Rekor

“Karena itu, dibutuhkan konsistensi jangka panjang bagi Sharp untuk meyakinkan konsumen bahwa produk smartphone Sharp lebih bagus daripada pemimpin pasar saat ini,” kata Jeffrey Bahar, COO Spire Research and Consulting, kepada TechnoBusiness di Jakarta, Kamis (10/11).

Seperti diketahui, merek-merek China melawan iPhone asal Amerika dengan fitur yang lebih banyak dan harga yang lebih murah. “Pertanyaannya, apakah cukup smartphone Sharp mengalahkan lima besar pemimpin pasar hanya dengan mengincar pelanggan loyal produk Jepang?” tanya Jeffrey.

Advertisement

–Purjono Agus Suhendro, TechnoBusiness ID Foto: Sharp Electronics Indonesia

Continue Reading
Advertisement
2 Comments

2 Comments

  1. Pingback: Huawei Mulai Serius Komersialisasi Sistem Operasi MineHarmony

  2. zmozero teriloren

    06/12/2022 at 10:56 AM

    Good write-up, I am regular visitor of one’s website, maintain up the nice operate, and It is going to be a regular visitor for a long time.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *